Berita TP-Link TL-WR741ND

TP-Link TL-WR741ND

0 167

Biasanya, wireless router berstandar 802.11n menggunakan sepasang atau lebih antena untuk mendukung transfer data secara full-duplex.

Tapi untunglah, antena tunggal yang digunakan oleh TP-Link TL-WR741ND bersifat lepas-tukar, sehingga dapat diganti dengan yang lebih tinggi sensitivitas penerimaan maupun lebih kuat daya pancar sinyalnya.

Mengapa kami memberi embel-embel “untuk keluarga” pada judul artikel ini? Tidak lain adalah karena TP-Link TL-WR741ND menyertakan fasilitas khusus untuk mengatur dan mengawasi akses internet, terutama untuk anak-anak sehingga diberi istilah parental control.

Penerapan parental control tidaklah sulit. Asas kerjanya adalah menarget alamat fisik kartu jaringan (MAC address atau hardware address) komputer yang hendak dikontrol. Alamat ini dapat diketahui lewat perintah ipconfig /all di platform Microsoft Windows atau perintah ifconfig di platform GNU/Linux. Setelah masuk ke antarmuka pengaturan konfigurasi berbasis web pada wireless router ini (tepatnya pada menu Parental Control dan memasukkan alamat kartu jaringan ke dalam daftar), pemberlakuannya dapat dijadwalkan berdasarkan hari dan waktu. Kontrol akses alamat situs web pada TP-Link TL-WR741ND menggunakan metode whitelist. Artinya, hanya alamat domain situs web yang dimasukkan dalam daftar boleh diakses. Metode ini pada banyak kasus lebih efektif daripada blacklist, karena setiap hari sangat banyak situs baru bermateri berbahaya yang luput dari perhatian orangtua atau administrator jaringan.

Jika orangtua atau administrator jaringan ingin menerapkan blacklist untuk mengatur akses internet, mereka bisa masuk ke menu Access Control. Bedanya dengan Parental Control, Access Control dapat mengatur akses berbasis nomor port, protokol internet, serta kelompok alamat IP atau alamat MAC yang diizinkan. Pemberlakuan Access Control juga dapat dijadwalkan berdasarkan hari dan waktu.

Fasilitas lain yang kami nilai cukup istimewa adalah Bandwidth Control yang juga dikenal dengan istilah QoS. Fasilitas ini dapat mengatur bandwidth, baik yang keluar dari jaringan lokal (Engress bandwidth) maupun yang masuk dari internet (Ingress bandwidth) berdasarkan kelompok alamat IP, nomor port layanan (service), serta protokol internet.

Risiko terhadap serangan MAC address spoofing atau Man in the middle attack juga dapat dipatahkan menggunakan fasilitas IP & MAC Binding yang akan mengaitkan alamat IP client dengan alamat MAC yang digunakan sehingga sulit untuk dimanipulasi, di-clone, atau dipalsukan.

Kami bertambah tertarik terhadap keberagaman fasilitas manajemen dan pengamanan jaringan pada TP-Link TL-WR741ND dengan tidak absennya fasilitas Virtual Server. Fasilitas ini  berfungsi untuk melakukan pengarahan akses dari internet menuju komputer (dalam jaringan lokal yang sedang menjalankan layanan tertentu dan melakukan listening pada port layanan tersebut). Ada juga fasilitas DMZ (demilitarized zone) untuk mengisolasi satu komputer tertentu (biasanya menjalankan layanan publik seperti server web atau server FTP). Dengan DMZ, sebuah server dapat diakses langsung dari internet dengan lokasi yang tetap terpisah dari jaringan komputer client. Tidak ketinggalan, juga terdapat fasilitas Port Triggering untuk mendukung koneksi bagi aplikasi-aplikasi yang menggunakan lebih dari satu port layanan.

Untuk mempermudah pengguna awam yang tidak banyak mengerti soal konfigurasi keamanan koneksi jaringan lokal, wireless router ini juga menambahkan tombol QSS (Quick Secure Setup) pada panel bagian depan. Tombol ini akan memberikan konfigurasi ideal untuk mengamankan koneksi di jaringan lokal. Secara prinsipil, QSS memiliki asas kerja yang mirip dengan WPS (Wi-Fi Protected Setup) yang sering disediakan oleh produsen wireless router merk lain.

Tibalah saatnya kami menguji kinerja TP-Link TL-WR741ND. Pengujian pertama, kami menempatkan komputer penguji dengan wireless router ini pada jarak sekitar 13 meter, dalam ruang bersekat relatif minim atau tanpa partisi. Tool NetIQ Chariot mencatat bandwidth maksimal 40,712 Mbps, minimal 27,313 Mbps, serta rerata 38,226 Mbps. Ketika kami mencoba membawa masuk TP-Link TL-WR741ND ke dalam ruang tertutup, bandwidth maksimal bertahan pada 19,598 Mbps, minimal 10,422 Mbps, serta rerata 14,676 Mbps.

Pada pengujian kedua yang ditargetkan pada kinerja firewall SPI, kami memosisikan TP-Link TL-WR741ND sebagai gateway terdepan dengan alamat IP publik. Semua port layanan kami pindai (scan) dengan fasilitas uji Shield Up di situs Gibson Research Center (grc.com). Hasilnya, memuaskan. Semua port layanan berada dalam status tersembunyi (Stealth), tidak ada yang terbuka atau terlihat dari internet.

***

TP-Link TL-WR741ND menunjukkan kinerja bandwidth yang berada pada kisaran menengah. Firewall SPI-nya teruji mampu mengamankan seluruh port layanan sehingga memberi benteng pertahanan lapis pertama bagi pengguna. Kelengkapan fasilitas pengamanan dan pengaturan jaringan menjadi nilai lebih yang sangat menarik dibandingkan produk sejenis. (Vincent Bayu Tapa Brata)

 

Spesifikasi TP-Link TL-WR741ND

Standar

802.11n.

Port

- 4 x port RJ45 LAN.
- 1 x port RJ45 WAN lewat modem.

Kecepatan transfer data

100 Mbps.

Feature

- Sistem QSS (Quick Secure Setup), mirip dengan WPS (Wi-Fi protected setup).
- DHCP server.
- URL filtering.
- MAC filtering.
- DMZ (demilitarized zone).
- Bandwidth Control.
- Internet Access Control.
- Parental Control.
- MAC & IP Binding (ARP List).
- Virtual Server.
- Port Triggering.
- DDNS (Dynamic DNS).

Dimensi

111 x 30 x 174 mm.

Bobot

265 gram.

Kelengkapan

- 1 x antena lepas-tukar.
- Adaptor power 9 Volt, 0,85 Ampere.
- Buku panduan instalasi singkat.
- CD manual .
- Kabel RJ45 LAN.

Garansi

1 tahun

Kisaran harga

Rp325.000,-

Situs web

www.tp-link.com

Kontak: PT. Central Cipta Kemakmuran, telepon (021) 5364773, 5364778.

 

 

Port

Di bagian belakang badan wireless router ini terdapat 4 port kabel RJ45 untuk koneksi jaringan lokal (LAN) serta 1 port kabel RJ45 untuk koneksi internet (WAN) lewat modem.

 

 

 

 

 

 

Grafik hasil pengujian bandwidth dengan tool NetIQ Chariot.

 

 

 

 

 

 

Grafik hasil pengujian firewall SPI dengan fasilitas Shield Up di grc.com.

 

 

 

Plus     : Beragam feature pengaturan dan pengamanan jaringan; firewall SPI aman; harga terjangkau.

Minus  : Antena tunggal

Skor Penilaian
Penggunaan  : 3,75
Fasilitas          : 4,25
Kinerja             : 4
Harga               : 4,5
Skor Total        : 4,13

NO COMMENTS

Leave a Reply