Berita HP eHealth Center: Fasilitas Kesehatan untuk Daerah Terpencil

HP eHealth Center: Fasilitas Kesehatan untuk Daerah Terpencil

HP-ehealth

Mumbai adalah kota terbesar kedua di India setelah New Delhi. Berstatus kota metropolitan, Mumbai memiliki fasilitas publik yang relatif lengkap bagi warganya. Termasuk di dalamnya berbagai pilihan pelayanan medis, mulai dokter pribadi, klinik, sampai rumah sakit.

Namun, pada kenyataannya, rasio antara populasi dokter (dan tempat berobat) dan masyarakat di India tidaklah berimbang. Sebanyak 75% infrastruktur dan sumber daya medis di India berada di area urban, sementara 69% masyarakat India berdomisili di pelosok desa. Akibatnya, banyak kasus kematian di India yang terjadi karena warga yang sakit tidak bisa atau tidak sempat memperoleh tindakan medis yang memadai dari ahlinya.

Fakta inilah yang membuat HP berinisiatif untuk membangun eHealth Center guna membantu pelayanan medis bagi masyarakat pedesaan di India. Dengan fasilitas lengkap, termasuk peralatan diagnostik, workstation, dan teknologi HP Cloud untuk mendukung feature Health Cloud dan konferensi video, eHealth Center lebih murah untuk dibangun dan lebih mudah untuk ditempatkan di satu kontainer/peti kemas mobile.

Proyek yang dimulai di tahun 2012 ini mencatat sukses besar. Saat ini, ada enam eHealth Center HP di seantero India dengan 25 pasien baru setiap harinya. Inisiatif ini bakal diperluas ke lebih banyak desa melalui kemitraan HP dengan Narayana Health, jaringan rumah sakit terkemuka di India. Di samping itu, eHealth Center juga akan segera diperkenalkan di Bhutan dan Filipina.

Comments

comments

NO COMMENTS

Leave a Reply