Berita Freelancer.com: Kerja Paruh Waktu Akan Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

Freelancer.com: Kerja Paruh Waktu Akan Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

freelance

Memilih profesi sebagai karyawan paruh waktu (freelancer) tampaknya makin populer dilakukan oleh generasi muda. Hal ini dibuktikan oleh Freelancer.com, situs pencarian kerja freelance, yang sebanyak 74% penggunanya berasal dari rentang usia 18 – 34 tahun atau biasa disebut sebagai generasi millennial.

Dengan Indonesia sebagai salah satu dari lima negara yang tercepat pertumbuhannya di Freelancer.com, sepertinya tren bekerja paruh waktu juga makin diminati di tanah air. Hal ini juga ditunjukkan oleh hasil studi yang dilakukan VISA yang mencatat 83% dari generasi millennial Indonesia memiliki visi sebagai entrepreneur masa depan. Dan visi ini bisa jadi dimulai dari pilihan profesi sebagai freelancer pada masa kini.

“Di tahun 2014, saya menyatakan bahwa entrepreneurship merupakan cara terdepan untuk menanggulangi pengangguran di kalangan muda. Data statistik kami menunjukkan bahwa generasi millennial menjadi yang terdepan dalam mengambil risiko dan menjadi entrepreneur dengan terkoneksi terhadap internet,” ujar Matt Barrie (CEO, Freelancer.com).

“Freelancer.com memfasilitasi mereka untuk dapat membuat perubahan dalam kehidupan mereka sendiri serta mendorong komunitas-komunitas dengan membantu mereka memulai bisnis mereka sendiri atau menemukan pekerjaan di bidang apa pun yang mereka pilih,” lanjutnya.

Dalam statistik yang mereka tunjukkan, Freelancer.com menyajikan empat kategori dengan pertumbuhan tercepat yang di-posting oleh para pemilik proyek sepanjang tahun 2014, jika dibandingkan dengan tahun 2013.

  1. Konstruksi

Proyek-proyek yang berkaitan dengan rekayasa bangunan dan konstruksi naik sangat tajam sepanjang tahun 2014. Kebutuhan terhadap disiplin ilmu Civil Engineering yang bersentuhan dengan desain, konstruksi, dan pemeliharaan bangunan telah meingkat lebih dari 136%, disusul Building Architecture yang naik 89%, lalu Mechanical Engineering yang naik 80%, dan CAD/CAM Design yang naik 73%.

  1. Bisnis dan e-commerce

Para pemilik bisnis dan UKM yang berkaitan dengan e-commerce banyak mengunggah proyek yang membutuhkan pekerja paruh waktu dengan keahlian di platform Shopify (meningkat lebih dari 93%), Accounting (naik 84%), Recruitment (naik 71%), dan Brochure Design (naik 71%).

  1. Proyek perumahan

Kontraktor dan developer proyek perumahan membutuhkan pekerja dengan keahlian Furniture Design (naik 132%), Interior Design (naik 77%), Home Design (naik 71%), dan Music (naik 51%).

  1. Media sosial

Makin banyak kebutuhan terhadap pekerja yang mampu menggunakan media sosial dan keahlian kreatif dalam menceritakan produk dan layanan yang dijual. Pekerja yang ahli menggunakan platform Pinterest makin diperlukan dengan kenaikan menakjubkan hingga 394%, sedangkan pekerja Creative Design naik sampai 254% dan Creative Writing naik sampai 157%. Keahlian Photography juga makin dicari dengan kenaikan 135%.

freelance-infographic

Comments

comments

1 COMMENT

Leave a Reply