Berita Freelancer.com Capai 15 Juta Anggota dengan Pertumbuhan Cepat dari Indonesia

Freelancer.com Capai 15 Juta Anggota dengan Pertumbuhan Cepat dari Indonesia

freelancer-com-15-juta

Bekerja paruh waktu sepertinya semakin digemari oleh para pekerja di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan oleh pencapaian Freelancer.com, situs marketplace freelancing dan crowdsourcing terbesar di dunia, yang telah mencatatkan 15 juta anggota pada kuartal pertama tahun 2015 ini.

“Tahun 2015 menjadi tahun bersejarah bagi Freelancer.com dengan capaian 15 juta anggota dan lebih dari 7,4 juta proyek yang dikirimkan dengan nilai proyek lebih dari US$2,2 miliar,” kata Matt Barrie (CEO, Freelancer.com) dalam keterangan persnya.

Dari angka 15 juta itu, sedikitnya 500 ribu anggota berasal dari Indonesia. Walaupun persentasenya masih terbilang kecil (3,3%), jumlah anggota asal Indonesia ini diakui sebagai salah satu dari empat negara dengan pertumbuhan tercepat di Freelancer.com. Coba saja bandingkan dengan tahun 2012, ketika anggota Freelancer.com asal Indonesia baru berjumlah 60 ribu orang.

“Dengan perubahan gaya hidup, kerja paruh waktu atau freelancing sekarang menjadi opsi yang terlihat dapat mengakomodasi kebutuhan para profesional. Di lain pihak, Freelancer.co.id membuat para startup dapat mencari para freelancer yang bisa diandalkan dan berkualitas tinggi yang bisa membantu mereka membangun bisnis mereka sendiri. Hal ini menghemat waktu dan menghasilkan keuntungan bagi semua pihak,” tukas Helma Kusuma (Indonesia Country Manager, Freelancer.com).

Sebagai negara dengan perekonomian ke-16 terbesar di dunia dengan 55 juta pekerja profesional, Indonesia dipandang memiliki potensi untuk menjadi negara dengan perekonomian ke-7 terbesar di dunia pada tahun 2030 dengan estimasi diperlukan 113 juta pekerja profesional saat itu.

Saat ini, terdapat 93 juta pengguna internet di Indonesia yang diperkirakan akan mencapai 123 juta pengguna pada tahun 2018. Dengan kebanyakan di antara pengguna internet adalah usia aktif secara ekonomi (15 – 64 tahun), artinya masih terbuka lebar kesempatan bagi mereka untuk mencari pekerjaan secara paruh waktu.

Sebagai latar belakang, 25% dari para pengguna Freelancer.com adalah pemilik bisnis perorangan, 21% mengidentifikasi diri mereka sebagai pekerja freelance profesional, 19% sebagai mahasiswa, dan 22% sebagai pegawai penuh waktu. Sebanyak 45% dari para profesional di platform ini memegang ijazah S1 (graduate), sementara 21% lulus tingkat S2 (post-graduate).

Comments

comments