Uji Produk Tablet PC SpeedUp Pad Pop: Bidik Kaum Muda

SpeedUp Pad Pop: Bidik Kaum Muda

Dok.SpeedUp

Dok.SpeedUp

Tak lama setelah kemunculan komputer tablet Pad Fun (model TB-713) yang diposisikan sebagai gadget bagi pengguna muda, SpeedUp kembali memperkenalkan seri Pad Pop (model TA-737) yang lagi-lagi ditujukan untuk target yang sama. Faktanya, memang pengguna internet di tanah air sebagian besar adalah anak muda sehingga merek lokal yang juga mendistribusikan produknya ke beberapa negara ini memang terus merilis model baru untuk pasar ini.

Jika pada model Pad Fun sebelumnya hanya tersedia koneksi internet secara wireless, di Pad Pop kali ini sudah tersedia koneksi via Wi-Fi dan juga seluler (3G-GSM). SpeedUp tampaknya ingin memperluas pilihan komputer tablet dalam rentang harga yang mirip agar konsumen bisa memilih spesifikasi mana yang mereka butuhkan. Namun apakah Pad Pop kali ini lebih baik dibandingkan Pad Fun? Mari kita lihat.

Bentuk fisik Pad Pop sebagai komputer tablet berlayar tujuh inci tampak lebih menarik pada bagian back cover. Bagian ini muncul dalam empat warna glossy (merah, biru, hitam, dan putih). Casing komputer tablet dibuat dari material hybrid polycarbonate dengan proses UV furnishing yang membuatnya kuat dan juga tampak mengilap sehingga terkesan mewah. Polesan ini seiring dengan nama “Pad Pop” yang disesuaikan dengan targetnya ke anak muda yang bersemangat dan penuh warna.

Agar tampil berbeda, Pad Pop dilengkapi beberapa feature menarik seperti video floating. Fasilitas ini memungkinkan pengguna menonton video sambil tetap membuka aplikasi lain (multitask). Tersedia pula kanal SpeedUp Studio 2.1 dengan satu juta content (musik, video, game, dan lainnya) dan tampilan player musik yang lebih menarik dibandingkan standar Android.

Komputer tablet ini juga mengusung gesture, antara lain mengubah kecerahan layar dengan menyapukan dua jari naik-turun, melakukan screenshot dengan tiga jari menurun, atau menutup aplikasi cukup dengan sapuan kelima jari mengatup ke tengah layar. Para penyuka selfie/groufie juga bisa memanfaatkan feature Voice Camera Control, cukup dengan menyebut kata “cheese” atau “capture” untuk memotret.

Meskipun terlihat cukup menarik, hal yang sangat disayangkan adalah kapasitas RAM-nya yang hanya 512 MB. Ini terlalu minim untuk melakukan aneka aktivitas multitasking serta untuk memainkan game HD. Skor produk ini memperlihatkan kinerjanya mirip dengan Pad Fun. Namun, daya komputasinya menjadi kedodoran akibat kapasitas RAM dan storage yang kurang besar.

Dual Homescreen Antarmuka homescreen kini dapat diatur pada bagian Setting. Pengguna bisa memilih apakah akan memunculkan aplikasi ini sebagai Android Home ataukah SpeedUp Studio.

Dual Homescreen
Antarmuka homescreen kini dapat diatur pada bagian Setting. Pengguna bisa memilih apakah akan memunculkan aplikasi ini sebagai Android Home ataukah SpeedUp Studio.

Berdampingan Posisi lubang data/charger dan audio yang berdekatan di bagian atas sebenarnya lebih nyaman dibandingkan saling berjauhan. Jika berjauhan seringkali justru membuat kabel menjadi terlihat ruwet.

Berdampingan
Posisi lubang data/charger dan audio yang berdekatan di bagian atas sebenarnya lebih nyaman dibandingkan saling berjauhan. Jika berjauhan seringkali justru membuat kabel menjadi terlihat ruwet.

Setup Web Camera Aplikasi SpeedUp Cam yang khas menjadi keunggulannya, tersedia pula petunjuk mudah untuk mengkonfigurasi kamera SpeedUp untuk keperluan pengawasan (monitoring).

Setup Web Camera
Aplikasi SpeedUp Cam yang khas menjadi keunggulannya, tersedia pula petunjuk mudah untuk mengkonfigurasi kamera SpeedUp untuk keperluan pengawasan (monitoring).

Hasil Pengujian

PengujianSpeedUp Pad FunSpeedUp Pad Pop
Antutu Benchmark 5.615.56214.622
Smartbench 2012 • Productivity29262351
Smartbench 2012 • Games44572008
Quadrant Advanced 2.170084750
Linpack Pro • Single-Thread87,602 MFLOPS110,601 MFLOPS
Linpack Pro • Multi-Thread182,387 MFLOPS163,503 MFLOPS
NenaMark v2.460,8 fps60,3 fps

PLUS: Desain menarik; ada feature gesture dan selfie; mendukung USB-OTG; harga terjangkau; ada content lokal.

MINUS: Kualitas foto kurang; sensor minim; display kurang nyaman dilihat; RAM dan storage kecil.

SpesifikasiSpeedUp Pad Pop
ProsesorMediaTek MT8312 1,2 GHz (dual-core ARM Cortex-A7)
RAM512 MB
Chip grafisMali-450MP
Jaringan selulerGSM 850/900/1800/1900 MHz HSPA+/HSDPA 900/2100 MHz
Kapasitas penyimpan internal4 GB
Dukungan sambungan nirkabelWi-Fi (802.11 b/g/n), Bluetooth, GPS
Koneksi lainMicro-USB, Micro-SD
Kamera2 MP (depan) & 5 MP (belakang)
Layar7″/600 x 1024 pixel @ 160 ppi capacitive 5 point touch
Kapasitas bateraiLi-ion 2500 mAh
Bobot /dimensi276 gram/19,2 x 10,7 x 0,97 cm
Sistem operasiAndroid 4.4.2 (KitKat)
Situs Webwww.speedup.co.id
Garansi1 tahun
Harga (kisaran)Rp1.099.000
Sumber hargaCarrefour, (021) 2758-5800