Uji Produk Tablet PC Advan Vanbook W100: Layar Lebih Lebar

Advan Vanbook W100: Layar Lebih Lebar

Dok.Advan

Dok.Advan

Tidak hanya menghadirkan komputer tablet dengan sistem operasi Android saja, Advan juga merilis komputer tablet berbasis Windows 8.x. Beberapa produk berbasis Windows 8.x yang dirilis ini di antaranya Advan Vanbook W80 dan W100. Perbedaan antara kedua seri itu secara garis besar terletak pada ukuran layar. Jika Vanbook W80 berukuran 8 inci, W100 berukuran 10 inci (tepatnya 9,6 inci).

Kami pun berkesempatan mencoba Vanbook W100. Layar produk ini terbilang cukup lega untuk kelas komputer tablet. Namun, ukuran layar ini justru agak merepotkan saat Anda mengoperasikannya dengan memegangnya. Namun, tampilan layar yang lebih lega ini tentunya membuat pengguna lebih nyaman saat menjalankan berbagai aplikasi, game, hingga menyaksikan film. Layarnya sudah menggunakan panel IPS yang lebih jernih dengan dukungan resolusi hingga 1280 x 800 pixel.

Vanbook W100 merupakan komputer tablet pertama Advan yang dibekali prosesor Intel Baytrail CRZ3735G 64-bit dengan CPU quad-core berkecepatan 1,3 GHz. Ditandem dengan RAM 1 GB, produk ini cukup responsif saat menjalankan aplikasi standar atau beralih dari mode Metro ke desktop dan sebaliknya. Produk ini mampu menjalankan video HD (1920 x 1080) serta game yang tersedia di Windows Store dengan lancar.

Kapasitas media simpan internalnya sebesar 16 GB, yang terbilang pas-pasan jika Anda ingin memasukkan berbagai data atau memasang aplikasi tambahan. Dari jumlah itu, sebagian besarnya sudah digunakan oleh Windows dan hanya menyisakan ruang kosong sebesar 6,5 GB saja. Untungnya, komputer tablet ini mendukung kartu memori tambahan hingga kapasitas 32 GB. Meski menyediakan dukungan 3G HSDPA, komputer tablet ini tidak bisa digunakan untuk menelepon dan hanya bisa dimanfaatkan untuk mengakses internet saja.

Karena berbasis Windows, beberapa fungsi desktop memang lebih nyaman jika diakses via keyboard fisik. Oleh karena itu, Advan menyertakan dukungan penggunaan keyboard mengandalkan koneksi Bluetooth. Keyboard ini bisa dibeli secara terpisah.

Selot Tambahan Untuk menempatkan kartu SIM dan memori eksternal, Anda bisa membukanya kompartemen yang terletak di bagian atas komputer tablet dengan cara mencongkelnya menggunakan kuku.

Selot Tambahan
Untuk menempatkan kartu SIM dan memori eksternal, Anda bisa membukanya kompartemen yang terletak di bagian atas komputer tablet dengan cara mencongkelnya menggunakan kuku.

Kurang Lega Dengan kapasitas total 16 GB, pengguna hanya mendapatkan kapasitas kosong sebesar 6,5 GB saja. Sisanya terpakai untuk sistem operasi dan file recovery.

Kurang Lega
Dengan kapasitas total 16 GB, pengguna hanya mendapatkan kapasitas kosong sebesar 6,5 GB saja. Sisanya terpakai untuk sistem operasi dan file recovery.

Hasil Uji

Jika dikomparasi dengan Wearness LitePad yang memiliki prosesor serta kapasitas RAM yang lebih besar, perbedaan kinerja perangkat ini tidak terlalu jauh di sisi PCMark dan 3Dmark. Namun, perbedaan kinerja perangkat ini cukup jauh saat melakukan encoding video dan audio.

[ws_table id=”302″]

*skor makin rendah makin bagus

PLUS: Layar IPS, kapasitas baterai besar, dukung keyboard mouse dengan koneksi Bluetooth, sudah dilengkapi Microsoft Office 365 (Word, Excel, Power Point), bisa tethering hingga sepuluh perangkat.

MINUS: Tidak bisa dipakai menelepon, kapasitas simpan internal kurang besar.

[ws_table id=”301″]

Comments

comments