Uji Produk Tablet PC Huawei MediaPad X1: Tablet 4G LTE

Huawei MediaPad X1: Tablet 4G LTE

Huawei MediaPad X1

Setelah sukses meluncurkan produk smartphone 4G LTE-nya, Bolt Super 4G menggandeng Huawei MediaPad X1 yang hadir melalui bundling dengan layanan data mereka. Meski memiliki fisik sebagai tablet namun bisa digunakan pula untuk melakukan panggilan telepon dan SMS. Meski digandeng dengan Bolt!, tablet ini masih bisa digunakan oleh kartu SIM dari operator lain.

Dari sisi antarmuka, Huawei MediaPad X1 menggunakan panel homescreen tanpa app drawer. Sehingga seluruh widget dan aplikasi akan langsung terpasang di panel homescreen tersebut. Selain menyertakan aplikasi bawaan standar, ditambahkan pula aplikasi bagi pengguna layanan Bolt!. Dan yang menarik, disertakan pilihan untuk mengganti tampilan antar muka dengan emotion UI yang merupakan user interface modifikasi besutan Huawei dengan tampilan minimalis.

Layar yang diusungnya berukuran 7 inci dan memiliki resolusi 1200 x 1920 pixel dengan kerapatan 323 ppi. Porsi layar tersebut cukup besar sehingga menyediakan bezel yang tipis guna tampilan layar yang lebih lega. Tidak ketinggalan menggunakan jenis IPS dan mendukung pula teknologi LTPS (Low Temperature Poly-Silicon). Selain penggunaan daya yang lebih hemat, dukungan tersebut membuat tampilan gambar pada layar menjadi lebih tajam dengan warna-warna yang kaya serta nyaman di mata.

Dengan spesifikasi yang digunakan, tablet ini lancar menjalankan berbagai aplikasi yang tersedia di Play Store. Menjalankan aplikasi multitasking pun masih sanggup dijalankan dengan lancar. Apalagi dengan adanya feature multi-screen, pengguna bisa menampilkan dua tampilan aplikasi yang sedang berjalan bersamaan. Kami pun berhasil menjalankan tampilan video definisi tinggi dalam mode picture-in-picture dengan tampilan utama Android tanpa mengalami lag sedikit pun.

Kapasitas baterai sebesar 5000 mAh cukup tangguh dalam menjalankan berbagai aplikasi seharian. Untuk mengujinya, kami coba menjalankan sebuah video dengan resolusi full-HD yang di looping selama 3,5 jam tanpa henti. Pengujian dimulai saat baterai dalam kondisi 88% dan berakhir dalam kondisi 66% yang berarti baterai hanya terpakai sebesar 22% dalam waktu 3,5 jam saat menonton video dengan resolusi full-HD.

Kamera mumpuni Kamera belakang memiliki resolusi 13 MP yang dilengkapi dengan feature autofocus serta LED flash guna menghasilkan gambar yang lebih baik.

Kamera mumpuni
Kamera belakang memiliki resolusi 13 MP yang dilengkapi dengan feature autofocus serta LED flash guna menghasilkan gambar yang lebih baik.

Multi-screen Feature multi-screen memungkinkan pengguna menjalankan multitasking dengan dua tampilan aktif, namun feature ini hanya berfungsi pada aplikasi tertentu saja.

Multi-screen
Feature multi-screen memungkinkan pengguna menjalankan multitasking dengan dua tampilan aktif, namun feature ini hanya berfungsi pada aplikasi tertentu saja.

emotion

Dual UI Selain tampilan khas Android, Huawei MediaPad X1 juga menyediakan pilihan Emotion UI 2.0 dengan tampilan kotak-kotak yang menggunakan desain minimalis.

PLUS: Layar IPS tajam dukung full-HD; kinerja bagus; bisa telepon dan SMS; feature multi-screen; ringan dan tipis; dukung USB OTG; pilihan dual UI; baterai tahan lama.

MINUS: Bermasalah dengan aplikasi Youtube versi update; mahal; OS masih Jelly Bean.

[ws_table id=”326″]

Comments

comments