Uji Produk Tablet PC Axioo Windroid 8G: Windows dan Android

Axioo Windroid 8G: Windows dan Android

Gbr utama - 1

Axioo menghadirkan komputer tablet dengan dua sistem operasi populer, yaitu Android 4.4.4 KitKat dan Windows 8.1 with Bing. Inovasi ini diklaim sebagai yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Penamaan Windroid 8G memiliki arti adanya dua sistem operasi Windows dan Android, sedangkan 8G menegaskan bahwa komputer tablet ini menggunakan layar berukuran delapan inci serta memiliki dukungan koneksi 3G.

Axioo Windroid 8G memiliki desain yang sederhana dan menggunakan layar berjenis IPS dengan resolusi 1280 x 800 pixel. Bagian belakangnya menggunakan motif kesat sehingga tidak licin. Hanya saja, bercak jari yang menempel terlihat jelas dan agak sulit dibersihkan karena area ini menggunakan bahan doff.

Yang menarik, paketnya menyertakan pula sebuah keyboard dengan koneksi Bluetooth. Dihadirkan pula cover pelindung berbahan kesat yang bisa difungsikan sebagai penyangga komputer tablet. Ini membuat bentuknya mirip dengan sebuah notebook mini. Penyangga tersebut cukup fleksibel karena bisa dilipat dan difungsikan sebagai cover pelindung keyboard dan komputer tablet.

Saat pertama kali produk ini dihidupkan, Anda akan diberi pilihan untuk menggunakan sistem Windows atau Android. Anda tinggal menekan salah satu logo untuk menentukan pilihan tersebut. Selanjutnya komputer tablet akan melakukan boot kembali dan masuk ke sistem yang telah dipilih.

Pada sistem berbasis Android KitKat, perangkat Axioo ini menggunakan tampilan standar tanpa custom. Hal ini meringankan kinerja sistem secara keseluruhan. Telah disertakan juga beberapa aplikasi media sosial dan chat seperti Facebook, Path, WeChat, Twitter, dan WhatsApp. Juga telah terpasang aneka game seperti Angry Birds, Banana King, serta Subway Surfer.

Gbr utama - 2

Sementara pada sistem Windows, Windroid 8G hanya menambahkan satu aplikasi yaitu Office 356. Windows memang lebih dioptimalkan untuk aktivitas perkantoran atau yang membutuhkan perkakas untuk mengetik atau menyimpan dokumen berbasis Office. Tidak mengherankan, keyboard Bluetooth sudah disertakan dalam paketnya guna menunjang aktivitas tersebut.

Setiap sistem operasi yang dijalankan tidak bisa membaca data sistem lainnya. Misalnya Anda menyimpan suatu file di Android, Anda tidak bisa membukanya di Windows. Sebaliknya, hal tersebut masih dimungkinkan berkat metode terbuka yang dianut Android, meski caranya agak rumit.

Axioo Windroid 8G menggunakan prosesor Intel quad core 1,83 GHz dengan kapasitas RAM 1 GB dan media simpan internal 32 GB. Melihat hal ini, InfoKomputer memiliki dua penilaian terhadapnya, bergantung dari sistem yang digunakan. Yang pertama untuk sistem Windows. Dengan RAM yang hanya satu gigabyte, kinerja sistem Windows agak keteteran, apalagi jika menjalankan multitasking.

Hasil berbeda diperoleh jika menggunakan sistem Android KitKat yang lebih ringan. Kinerjanya terlihat lebih gesit serta masih memadai untuk menjalankan aktivitas multitasking. Game seperti Asphalt Airborne 8 atau Six Guns masih bisa dimainkan meski dengan frame rate yang tidak tinggi. Sementara saat menjalankan Mortal Kombat X yang merupakan game “berat”, Windroid 8G agak kedodoran di beberapa adegan meskipun masih tetap mampu menjalankan game ini.

Meskipun begitu, saat menjalankan aplikasi sederhana seperti bermedia sosial, mengetik menggunakan aplikasi Office, chat, maupun menjelah internet, kedua sistem tersebut mampu melakukannya dengan lancar. Begitu pula jika Anda hanya menjalankan satu aplikasi.

Mirip Notebook Guna menunjang aktivitas mengetik, telah disertakan sebuah keyboard dengan koneksi Bluetooth. Juga ada penyangga yang bisa berfungsi sebagai cover pelindung.

Mirip Notebook
Guna menunjang aktivitas mengetik, telah disertakan sebuah keyboard dengan koneksi Bluetooth. Juga ada penyangga yang bisa berfungsi sebagai cover pelindung.

Pilihan Sistem Saat boot, Anda bisa memilih sistem operasi yang akan digunakan. Caranya cukup dengan menekan salah satu logo yang tertera.

Pilihan Sistem
Saat boot, Anda bisa memilih sistem operasi yang akan digunakan. Caranya cukup dengan menekan salah satu logo yang tertera.

Hanya Android Selot SIM yang disediakan mendukung jaringan 3G dan bisa dimanfaatkan untuk mengakses internet. Sementara ini, fungsi telepon dan SMS hanya berlaku pada sistem Android saja.

Hanya Android
Selot SIM yang disediakan mendukung jaringan 3G dan bisa dimanfaatkan untuk mengakses internet. Sementara ini, fungsi telepon dan SMS hanya berlaku pada sistem Android saja.

Tombol Windows Di bagian atas terdapat tombol Home (logo Windows) yang jika ditekan lama akan membuat komputer tablet ini langsung masuk ke Windows, tanpa menampilkan menu pilihan Android atau Windows.

Tombol Windows
Di bagian atas terdapat tombol Home (logo Windows) yang jika ditekan lama akan membuat komputer tablet ini langsung masuk ke Windows, tanpa menampilkan menu pilihan Android atau Windows.

Koneksi Bluetooth Memanfaatkan koneksi Bluetooth, keyboard yang disertakan bisa dengan mudah terhubung ke dua sistem operasi tersebut.

Koneksi Bluetooth
Memanfaatkan koneksi Bluetooth, keyboard yang disertakan bisa dengan mudah terhubung ke dua sistem operasi tersebut.

Pengujian

Dengan spesifikasi yang ditawarkan, kedua sistem sebenarnya mampu berjalan dengan baik dan lancar. Sayangnya, permasalahan mulai terlihat saat Windroid 8G menjalankan multitasking, terutama pada sistem Windows 8.1. Jika saja kapasitas RAM lebih besar, tentu hal ini akan bisa dihindari.

[ws_table id=”391″]

[ws_table id=”392″]

PLUS: Dua sistem operasi, perpindahan antarsistem mudah, dilengkapi keyboard Bluetooth, pada Windows disertakan Office 365 serta layanan OneDrive sebesar satu gigabyte gratis.

MINUS: RAM hanya satu gigabyte, fungsi telepon dan SMS hanya pada sistem Android.

[ws_table id=”390″]

Comments

comments