Uji Produk Tablet PC HP Pro Slate 8: Lengkap dengan Stylus

HP Pro Slate 8: Lengkap dengan Stylus

Dok.HP

Dok.HP

Menjawab kebutuhan perangkat mobile di kelas bisnis, beberapa waktu yang lalu HP menghadirkan sejumlah perangkat mobile terbarunya, termasuk komputer tablet HP Pro Slate 8 ini. HP Pro Slate 8 merupakan sebuah komputer tablet Android dengan tawaran banyak feature yang ditujukan untuk penggunaan di lingkungan enterprise serta memiliki kinerja cepat berkat spesifikasinya yang terbilang tinggi.

Komputer tablet HP Pro Slate 8 ini memiliki desain yang menurut kami terbilang menarik dan elegan. Komputer tablet ini juga terlihat kokoh berkat material logam yang digunakan di seluruh bagiannya. Namun meskipun menggunakan logam, komputer tablet ini tetap terasa ringan dipegang. Ya, bobotnya yang hanya sekitar 350 gram memang tidak terlalu berat dan tidak akan membebani Anda saat membawanya ke mana-mana. Di bagian depannya juga terdapat speaker di sisi atas dan bawahnya (kiri dan kanan jika berada di posisi landscape) yang membuat komputer tablet ini mampu menghasilkan suara yang cukup besar.

Salah satu feature utama yang dimiliki oleh komputer tablet ini adalah kehadiran stylus yang disebut HP Duet Pen. Seperti stylus pada umumnya, stylus ini bisa digunakan untuk menulis atau menggambar pada komputer tablet. Selain itu, HP juga menyertakan sebuah casing folio dengan kertas di sebelah komputer tabletnya. Jadi dengan stylus ini, Anda bisa membuat catatan pada kertas sekaligus menyimpannya dalam bentuk digital di dalam aplikasi HP Notes yang telah disertakan. Dan untuk memenuhi kebutuhan para pekerja, komputer tablet ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi office dan keamanan seperti WPS Office serta Mobile Security.

HP Pro Slate 8 sendiri hadir dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Layar 7,85 inci yang dimilikinya memiliki resolusi 1536 x 2048 pixel dan memiliki kualitas gambar yang baik. Kinerjanya didukung chip Qualcomm Snapdragon 800. Walaupun sudah terbilang lawas, chip ini masih mampu memberikan kinerja yang baik untuk saat ini. Kinerja multitasking-nya pun didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB. Kapasitas memori internalnya sebesar 32 GB dengan tambahan ketersediaan selot kartu memori microSD dengan dukungan hingga 32 GB. Untuk koneksi data, selain koneksi nirkabel 802.11ac, komputer tablet ini juga masih memiliki sebuah selot kartu nano-SIM untuk menggunakan koneksi internet dari operator seluler.

Stylus: HP Duet Pen ini bisa digunakan untuk menulis pada layar komputer tablet maupun pada kertas lalu menyimpannya langsung ke dalam komputer tablet.

Stylus: HP Duet Pen ini bisa digunakan untuk menulis pada layar komputer tablet maupun pada kertas lalu menyimpannya langsung ke dalam komputer tablet.

Folio Cover: Aksesori ini bisa menampung komputer tablet, stylus, serta kertas catatan. Anda bisa langsung menulis pada kertas dan hasil coretan Anda akan tersimpan di komputer tablet.

Folio Cover: Aksesori ini bisa menampung komputer tablet, stylus, serta kertas catatan. Anda bisa langsung menulis pada kertas dan hasil coretan Anda akan tersimpan di komputer tablet.

Plus: Kinerja baik, material berkualitas, ada selot memori eksternal, stylus fungsional.

Minus: Chip lawas, penggunaan stylus agak membingungkan.

PengujianHP Pro Slate 8
Chip prosesorQualcomm Snapdragon 800
RAM2 GB
Chip grafisAdreno 330
Jaringan selulerHSDPA
Kapasitas memori internal32 GB
Dukungan koneksiUSB (mendukung OTG), WiFi 802.11 b/g/n/ac, Bluetooth 4.1, GPS, NFC
Kamera16 megapixel (belakang), 8 megapixel (depan)
Layar7,85 inci 2048 x 1536 pixel
Dimensi207 x 137 x 8 mm
Bobot350 gram
SIstem operasiAndroid 5.0.2 (Lollipop)
Situs webwww.hp.com
HargaRp 5,6 juta