Uji Produk Periferal D-LINK DSR-250N: Terintegrasi untuk Kelas Bisnis

D-LINK DSR-250N: Terintegrasi untuk Kelas Bisnis

dlink-1

D-Link DSR-250N adalah sebuah perangkat wireless router terintegrasi yang diposisikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dari skala kecil hingga menengah. Oleh pihak D-Link, DSR-250N ini disebut sebagai unified services router karena selain memiliki fungsi wireless router, juga memiliki beberapa fungsi lain seperti VPN router.

Tampilan fisik D-Link DSR-250N ini terbilang cukup ringkas dan tak terlalu memakan tempat. Sebagai sebuah perangkat yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis hingga skala menengah, wireless router ini memiliki dukungan koneksi nirkabel 802.11b/g/n. Sayangnya, wireless router ini hanya menyediakan satu pita operasi jaringan nirkabel, yaitu 2,4 GHz. Kalau saja D-Link DSR-250N ini mendukung pita 5 GHz, Anda bisa memiliki pilihan yang lebih banyak dalam mengatur jaringan nirkabel Anda. D-Link DSR-250N juga dilengkapi dengan dua buah antena eksternal berdaya dua dBi yang bisa dilepas pasang apabila Anda membutuhkan antena yang lebih besar.

Selain koneksi nirkabel, D-Link DSR-250N ini juga menyediakan port RJ45 untuk koneksi kabel. Tersedia delapan buah port LAN dan sebuah port WAN yang kesemuanya mendukung kecepatan satu Gbps. Selain itu, juga ada satu buah port RJ45 untuk koneksi ke console. Wireless router ini dilengkapi dengan sebuah port USB 2.0 yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Wireless router D-Link DSR-250N ini bukan hanya berfungsi sebagai wireless router saja. Di dalamnya juga terintegrasi fungsi firewall dan VPN router. Secara teoritis, D-Link DSR-250N ini mampu menghasilkan firewall throughput hingga 750 Mbps dan throughput VPN hingga 50 Mbps. Wireless router ini juga mampu mendukung hingga sebanyak dua ratus firewall policy.

Dalam hal koneksi nirkabel, perangkat ini bisa mendukung hingga empat access point virtual. Jadi, Anda bisa membuat empat SSID virtual untuk memudahkan Anda mengatur jaringan nirkabel di tempat Anda. Anda juga bisa mengatur beberapa parameter konfigurasi seperti pembatasan akses, pembatasan bandwidth, serta pengaturan keamanan dan password yang berbeda-beda di setiap SSID. Lalu Anda juga bisa mengatur jadwal aktif SSID tersebut di waktu-waktu tertentu saja.

dlink-2-min

dlink-3-min

Sebagai perangkat yang memiliki beragam fasilitas terintegrasi, D-Link DSR-250N memiliki sejumlah fitur penting seperti VPN dan VLAN.

Plus: Konfigurasi lengkap

Minus: Menu cukup rumit, tidak mendukung 5 GHz, belum mendukung 802.11ac

[ws_table id=”468″]

Comments

comments