Uji Produk Periferal TP-LINK Archer C9: Tawarkan Kecepatan Hingga 1.900 Mbps

TP-LINK Archer C9: Tawarkan Kecepatan Hingga 1.900 Mbps

Dok.TP-Link

Dok.TP-Link

Walaupun selama ini dikenal sebagai penyedia perangkat jaringan di kelas entry-level dengan harga yang terjangkau, kini TP-LINK juga tampaknya makin serius mengisi segmen kelas atas. Beberapa kali kami pernah menguji perangkat wireless router kelas atas dari TP-LINK. Kali ini, kami kedatangan satu lagi wireless router kelas atas dari TP-LINK yaitu Archer C9.

Jika pada beberapa edisi sebelumnya kami pernah menguji ADSL router Archer D9, Archer C9 ini memiliki penampilan yang serupa dengan Archer D9. Wireless router ini memiliki posisi vertikal dengan dudukan yang bersifat permanen. Desainnya juga terbilang elegan dengan ukuran yang menurut kami cukup besar. Wireless router ini dilengkapi dengan tiga buah antena eksternal yang bisa dilepas pasang.

TP-LINK Archer C9 ini hadir dengan spesifikasi tinggi untuk menghasilkan kinerja yang maksimal, sesuai dengan kelas yang dituju. Di dalam wireless router ini, TP-LINK menggunakan prosesor dual-core berkecepatan satu GHz yang digunakan untuk meladeni seluruh permintaan jaringan baik kabel maupun nirkabel dengan lebih responsif. Wireless router dengan pita ganda ini telah mendukung koneksi 802.11ac selain juga mendukung koneksi 802.11b/g/n. Throughput yang dihasilkan diklaim mampu mendukung hingga 1.900 Mbps. Kecepatan tersebut didapatkan dari 600 Mbps pada pita 2,4 GHz dan memanfaatkan koneksi 802.11b/g/n, serta 1.300 Mbps (apabila Anda menggunakan pita 5 GHz dan koneksi 802.11ac). Teknologi beamforming juga tersedia pada wireless router ini jika Anda memanfaatkan pita 5 GHz.

Wireless router ini hadir dengan antarmuka yang lebih segar jika dibandingkan dengan perangkat nirkabel TP-LINK generasi sebelumnya. Tampilannya kini lebih menarik dengan jajaran menu yang mudah diakses. Secara garis besar, halaman konfigurasinya dibagi menjadi dua bagian, yaitu basic dan advanced. Bagian basic berisi sejumlah pengaturan standar seperti pengaturan alamat IP LAN dan WAN, pengaturan USB, dan guest network. Sementara bagian advanced memiliki parameter yang lebih lengkap untuk pengaturan lebih lanjut.

TP-LINK Archer C9 menyediakan dua buah port USB, satu USB 2.0, dan satu lagi USB 3.0. Port USB ini bisa digunakan untuk menghubungkan media simpan maupun printer untuk dipakai bersama di jaringan Anda.

Port USB pada TP-LINK Archer C9 ini bisa digunakan untuk koneksi ke printer maupun media simpan.

Port USB pada TP-LINK Archer C9 ini bisa digunakan untuk koneksi ke printer maupun media simpan.

Antarmuka panel kontrolnya hadir dengan tampilan yang lebih segar.

Antarmuka panel kontrolnya hadir dengan tampilan yang lebih segar.

Plus: Konfigurasi mudah, ada antena eksternal, kinerja baik, ada port USB

Minus:

[ws_table id=”476″]

Comments

comments