Uji Produk Periferal Western Digital My Book Pro: Tawarkan Kecepatan Lebih Tinggi

Western Digital My Book Pro: Tawarkan Kecepatan Lebih Tinggi

wd-1-min

Jika pekerjaan Anda banyak berurusan dengan file berukuran besar, Anda mungkin membutuhkan solusi yang bisa membantu Anda memindahkan beragam aneka file besar tersebut secara lebih cepat. Untuk situasi seperti itu, tak ada salahnya jika Anda menggunakan perangkat yang memanfaatkan antarmuka Thunderbolt.

Walaupun saat ini penggunaan koneksi Thunderbolt tak sepopuler USB, tipe koneksi tersebut secara teoritis mampu menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan USB. Hard disk Western Digital My Book Pro ini misalnya, hadir untuk aktivitas profesional yang membutuhkan kinerja transfer data yang tinggi dengan menghadirkan port Thunderbolt sebagai antarmuka utamanya. Tersedia dua buah port Thunderbolt sehingga Anda juga bisa melakukan daisy-chain dengan perangkat Thunderbolt lainnya. Selain itu, hard disk eksternal ini juga masih menyediakan sebuah port USB 3.0 jika Anda tidak menggunakan atau memiliki koneksi Thunderbolt.

Western Digital My Book Pro ini berisi dua unit hard disk sehingga membuat ukurannya menjadi sedikit lebih besar. Material logam yang digunakannya membuat perangkat ini terlihat tangguh dan kuat. Untuk mengakses hard disk yang ada di dalamnya, Anda hanya perlu membuka kunci yang ada di bagian depan. Pemasangan hard disk pun tidak memerlukan perangkat tambahan. Cukup letakkan hard disk di posisi yang telah ditentukan, lalu dorong pintu penutupnya. Di bagian depan juga terdapat tombol power dan dua buah port USB 3.0 untuk perangkat eksternal lainnya.

Western Digital My Book Pro ini merupakan varian yang mengutamakan kecepatan untuk menghasilkan kinerja yang maksimal. Di dalam Western Digital My Book Pro ini terdapat dua unit hard disk Western Digital Black yang merupakan hard disk varian terkencang untuk desktop di kelas konsumen. Selain itu, perangkat ini juga mendukung konfigurasi RAID0 dan RAID1 untuk memberikan kinerja serta keamanan data yang maksimal. Konfigurasi JBOD, RAID0, maupun RAID1 bisa Anda pilih dengan aplikasi WD Drive Utilities saat terhubung dengan USB. Namun, konfigurasi tidak bisa dilakukan saat menggunakan koneksi Thunderbolt.

Western Digital My Book Pro ini mampu menghasilkan kinerja yang cepat berkat penggunaan hard disk berkinerja tinggi serta koneksi Thunderbolt. Berdasarkan percobaan kami, kinerja tercepat didapatkan saat menggunakan konfigurasi RAID0 dan koneksi Thunderbolt. Hasil uji selengkapnya tertera pada tabel.

Dengan penggunaan hard disk Western Digital Black, My Book Pro mampu menghasilkan kinerja yang cepat.

Dengan penggunaan hard disk Western Digital Black, My Book Pro mampu menghasilkan kinerja yang cepat.

Atur konfigurasi RAID yang akan digunakan melalui aplikasi WD Drive Utilities.

Atur konfigurasi RAID yang akan digunakan melalui aplikasi WD Drive Utilities.

Plus: Kinerja cepat, mendukung RAID, konfigurasi mudah, koneksi Thunderbolt dan USB 3.0

Minus: Harga tinggi, konfigurasi hanya lewat USB

[ws_table id=”478″]

Comments

comments