Uji Produk Periferal BenQ XL2430T: Bidik Gamer Profesional

BenQ XL2430T: Bidik Gamer Profesional

Dok.BenQ

Dok.BenQ

Bagi para gamer, terutama profesional, kebutuhan akan monitor dengan refresh rate tinggi merupakan hal mutlak. Pilihan refresh rate tinggi bisa sangat memengaruhi performa perangkat saat memainkan game. Untuk itu, BenQ XL2430T dihadirkan guna memenuhi tuntutan para gamer dengan menawarkan refresh rate tinggi yaitu sampai 144 Hz. Dengan pilihan refresh rate 144 Hz, secara teori akan dihasilkan reproduksi gerakan yang lebih responsif dan cepat.

Layaknya monitor gaming pada umumnya, panel produk ini menggunakan jenis TN (Twisted Nematic). Keuntungan panel ini adalah adanya response time yang cepat serta konsumsi daya rendah. Dua hal ini sangat penting bagi para gamer. Namun layar ini memiliki viewing angle yang kurang luas. Hal itu memang disesuaikan dengan kondisi para gamer yang selalu memandang monitor dari depan layar, dan bukannya dari sisi dengan kemiringan tertentu layaknya pada penggunaan multimedia.

Memiliki ukuran diagonal 24 inci, monitor ini ditopang oleh penyangga berdesain kokoh. Uniknya, penyangga ini menyediakan petunjuk serta pilihan ukuran sehingga pengguna dapat selalu mendapatkan setelan yang sama.

Selain itu, pada bagian landasannya, terdapat lubang yang merupakan tempat dari sebuah aksesori dengan nama S-Switch Arc Remote Control. Aksesori ini memiliki fungsi untuk memudahkan pengguna mengubah pengaturan terhadap berbagai tombol, tanpa melalui tombol yang ada di monitor. Terdapat tiga tombol yang bisa diatur sesuai pilihan sendiri serta tombol Auto Mode dan Back. Hanya saja, saat penggantian mode Picture melalui S-Switch atau via tombol di monitor, layar akan langsung berpindah mode setelah tombol ditekan. Jadi, jika mode yang dipilih letaknya tiga posisi dari mode sekarang, layar akan berpindah mode tiga kali.

Dalam produk ini disediakan port HDMI 1.4, DVI-DL (dual-link DVI), D-Sub 15 pin, dan DisplayPort 1.2. Ini masih ditambah adanya port data berupa dua USB hub guna memindahkan data atau sekadar mengisi ulang baterai ponsel. Ditempatkan di sisi kanan layar, masih terdapat satu port mikrofon dan headphone. Yang unik, terdapat suatu tombol berwarna merah yang ternyata bisa ditarik dan difungsikan sebagai penyangga headphone.

Namun perlu diketahui, untuk mendapatkan pengaturan refresh rate 144 Hz, pengguna mesti menggunakan koneksi DisplayPort 1.2 atau DVI-DL. Sementara port D-Sub dan HDMI 1.4 yang disematkan hanya bisa mencapai refresh rate 120 Hz.

Saat pengujian, kami menggunakan DisplayPort dan mengaturnya ke resolusi 1.920 x 1.080 dengan refresh rate 144 Hz. Pada tampilan desktop, terlihat pergerakan mouse menjadi lebih halus dibandingkan jika menggunakan refresh rate enam puluh hertz. Begitu pula saat menjalankan beberapa game berjenis FPS. Namun, pada game, perbedaan kinerjanya tidak sedrastis seperti perbedaan kinerja pada desktop.

Engsel Kokoh Produk ini ditopang oleh penyangga kokoh. Engselnya memiliki sejumlah pengaturan guna menghasilkan posisi yang nyaman bagi penggunanya.

Engsel Kokoh
Produk ini ditopang oleh penyangga kokoh. Engselnya memiliki sejumlah pengaturan guna menghasilkan posisi yang nyaman bagi penggunanya.

 

Aksesori Produk ini dilengkapi dengan aksesori berupa S-Switch. Gunanya untuk menjelajahi menu serta mengatur sistem tanpa mengakses tombol monitor.

Aksesori
Produk ini dilengkapi dengan aksesori berupa S-Switch. Gunanya untuk menjelajahi menu serta mengatur sistem tanpa mengakses tombol monitor.

 

Refresh Rate Tinggi Menu Gaming Refresh Rate Optimization Management dapat mengoptimalkan refresh rate monitor di atas 60 Hz dengan pilihan 100 Hz, 120 Hz, dan 144 Hz.

Refresh Rate Tinggi
Menu Gaming Refresh Rate Optimization Management dapat mengoptimalkan refresh rate monitor di atas 60 Hz dengan pilihan 100 Hz, 120 Hz, dan 144 Hz.

PLUS: Pilihan refresh rate tinggi, pergerakan halus saat refresh rate tinggi, penyangga kokoh serta memiliki pengaturan khusus, konsumsi daya rendah.

MINUS: Berat, perpindahan pada mode Picture otomatis menampilkan mode tersebut tanpa perlu dikonfirmasi.

SpesifikasiBenQ XL2430T
Ukuran24″ (16:9)
AntarmukaD-Sub 15 pin, DVI-DL, HDMI 1.4 (2), DisplayPort 1.2, mikrofon, headphone
Resolusi1.920 x 1.080 pixel
Contrast ratio1.000:1
Brightness350 cd/m2
Response time1 ms (gray to gray)
Sudut pandang (horizontal/vertikal)170°/160°
Speaker2 x 2 W
Dimensi/bobot (termasuk kaki)56,8 x 19,9 x 52 cm/7 - 9,6 kg
Daya listrik (aktif/saving/off)<23,2/<0,5/<0,5 W
Situs webwww.benq.co.id
Garansi1 tahun (termasuk panel)
Harga (kisaran)*Rp5.250.000