Uji Produk Periferal Linksys EA8500: Pertama dengan MU-MIMO

Linksys EA8500: Pertama dengan MU-MIMO

linksys-1-min

Linksys menjadi salah satu produsen pertama yang menghadirkan teknologi MU-MIMO (Multi User, Multiple Input, Multiple Output) ke dalam perangkat jaringannya. Dengan hadirnya teknologi ini, kecepatan jaringan nirkabel akan meningkat dan lebih responsif, terutama saat melayani banyak perangkat sekaligus. Linksys menghadirkan teknologi ini dalam salah satu produk terbarunya, wireless router Linksys EA8500.

Hadirnya teknologi MU-MIMO menjadikan produk ini sebagai sebuah wireless router kelas atas dengan spesifikasi tinggi. Apalagi wireless router ini juga mendukung throughput hingga 1.733 MHz apabila Anda memanfaatkan koneksi 802.11ac di pita 5 GHz, atau hingga 800 Mbps jika Anda menggunakan jaringan konvensional 802.11n pada pita 2,4 GHz. Dengan teknologi MU-MIMO, bandwidth yang tersedia bisa terbagi menjadi lebih merata sehingga seluruh perangkat yang terhubung dapat menikmati kecepatan yang sama.

Linksys EA8500 dilengkapi dengan empat buah antena eksternal yang memiliki daya pancar sinyal yang terbilang baik. Wireless router ini juga mendukung teknologi beamforming sehingga antena mampu mengarahkan sinyal secara lebih baik dan tepat ke perangkat nirkabel yang terhubung. Wireless router ini juga menyediakan empat buah port LAN dan satu buah port WAN yang semuanya sudah mendukung kecepatan gigabit. Selain itu, masih ada juga tambahan sebuah port USB 3.0 dan satu buah port USB 2.0 merangkap port eSATA. Fungsinya, menghubungkan perangkat eksternal seperti media simpan maupun printer.

Untuk memanfaatkan teknologi MU-MIMO, Anda perlu menggunakan pita 5 GHz dan koneksi 802.11ac. Selain itu, agar fitur ini bisa berjalan dengan optimal, perangkat yang terhubung harus berada dalam posisi yang sedikit berjauhan dan membentuk sudut tertentu. Untuk mencobanya, kami melakukan pengujian dengan empat buah komputer. Satu komputer terhubung langsung dengan Linksys EA8500 melalui kabel, sedangkan tiga komputer lainnya berada di tiga titik berbeda dengan sudut sekitar 120 derajat mengelilingi wireless router.

Saat kami coba dengan konfigurasi tersebut, Linksys EA8500 mampu menghasilkan kinerja yang baik. Ketiga komputer yang terhubung lewat jaringan nirkabel rata-rata mendapatkan kecepatan sekitar 80 hingga 100 Mbps. Kecepatan tersebut tentunya akan meningkat apabila di tempat Anda hanya ada interferensi yang rendah. Dalam kondisi interferensi minim, kecepatan rata-rata tiap komputer bisa mencapai 150 hingga 175 Mbps. Sementara untuk pengujian dengan klien tunggal, kecepatannya berada di kisaran 320 Mbps. Kecepatan maksimal yang kami capai berada di sekitar angka 724 Mbps.

Teknologi MU-MIMO bisa membuat banyak perangkat menikmati bandwidth yang besar dalam waktu bersamaan.

Teknologi MU-MIMO bisa membuat banyak perangkat menikmati bandwidth yang besar dalam waktu bersamaan.

 

Kinerjanya terbilang bagus, termasuk saat meladeni banyak perangkat sekaligus.

Kinerjanya terbilang bagus, termasuk saat meladeni banyak perangkat sekaligus.

Plus: Konfigurasi mudah, ada antena eksternal, kinerja cepat, ada port USB, mendukung MU-MIMO

Minus: Ukuran besar, harga tinggi

SpesifikasiLinksys EA8500
Standar802.11b, 802.11g, 802.11n, 802.11ac
Konektor4 x LAN 1 Gbps, 1 x WAN 1 Gbps, 1 x USB 2.0/eSATA, 1 x USB 3.0
Kecepatan800 Mbps + 1.733 Mbps
Mode operasiWireless router, wireless bridge
KelengkapanPower adapter, Manual, Kabel LAN
Situs webwww.linksys.com
Garansi1 tahun
Harga (kisaran)Rp4.599.000