Uji Produk Periferal Asus P2B: Proyektor Mini Bertenaga Baterai

Asus P2B: Proyektor Mini Bertenaga Baterai

Dok.Asus

Dok.Asus

Pertama kali melihat fisiknya, kami langsung menyukai proyektor berukuran mini ini. Meski fisiknya mini, feature yang diadopsinya terbilang banyak. Dengan dimensi kira-kira selebar kotak CD dan bobot sekitar 1 kg lebih, Asus P2B merupakan proyektor portabel yang tidak hanya mudah dibawa dan dipasang dimana saja, tetapi juga bisa ditenagai dengan baterai.

Baterai yang tertanam menggunakan jenis lithium ion dengan kapasitas daya sebesar 2920 mAh. Dengan kapasitas ini baterai mampu bertahan sekitar 90 menit, bahkan diklaim mampu bertahan hingga 2 jam jika menggunakan pengaturan tingkat brightness paling rendah. Selain itu, proyektor ini juga menggunakan daya dari adaptor dengan konsumsi daya sebesar 65 watt.

Sesuai fisiknya yang mungil, proyektor ini menggunakan lensa short-throw yang mampu memproyeksikan gambar besar pada ruang sempit. Jarak terdekat yang bisa digunakannya mulai dari 0,5 meter hingga terjauhnya yaitu 3 meter. Sebagai gambaran, proyektor ini mampu menampilkan diagonal layar sebesar 42 inci dari jarak 1 meter.

Karena dirancang untuk kemudahan penggunaan, selain ketersediaan beragam koneksi, proyektor ini telah menyertakan built-in media player serta document reader dengan dukungan format yang beragam. Sehingga Anda tinggal menjalankan file secara langsung dari berbagai media seperti micro-SD ataupun flashdisk tanpa bantuan komputer atau notebook. Selain itu, proyektor ini juga memiliki memori internal sebesar 2 GB.

Yang menarik, proyektor ini menyediakan port HDMI/MHL yang bisa dihubungkan ke perangkat gadget seperti smartphone ataupun tablet. Tidak hanya itu, port ini bisa digunakan untuk mengisi daya pada perangkat mobile.

Berbeda dengan proyektor konvensional yang membutuhkan proses pemanasan sebelum menyala ataupun saat hendak dimatikan, Asus P2B tidak membutuhkan hal tersebut. Prosesnya langung aktif dalam waktu singkat sekitar 5 detik dari pertama kali tombol ditekan.

Jika dilihat dari spesifikasinya, jangan Anda bandingkan kualitasnya proyektor konvensional, karena proyektor ini memang mengutamakan sisi kepraktisan sehingga kemampuannya telah disesuaikan. Namun jangan salah, untuk ukuran sekecil ini, hasil gambarnya sudah cukup mumpuni bagi berbagai kebutuhan. Layarnya terang dan tampilan tetap jelas meski dalam kondisi ruang terang benderang.

Ragam koneksi Koneksi yang tersedia memberikan dukungan ke berbagai perangkat yang lebih luas, mulai dari komputer, notebook, sampai perangkat mobile serta sumber multimedia lainnya.

Ragam koneksi
Koneksi yang tersedia memberikan dukungan ke berbagai perangkat yang lebih luas, mulai dari komputer, notebook, sampai perangkat mobile serta sumber multimedia lainnya.

 

Dudukan penyangga  Asus P2B menyediakan dudukan sebagai penyangga untuk mendapatkan posisi layar yang ideal.

Dudukan penyangga
Asus P2B menyediakan dudukan sebagai penyangga untuk mendapatkan posisi layar yang ideal.

 

Laser point Remote berukuran mungil dan tipis ini tidak hanya menyediakan tombol fungsi saja, tetapi juga terdapat laser pointer guna mengendalikan presentasi dari jarak jauh.

Laser point
Remote berukuran mungil dan tipis ini tidak hanya menyediakan tombol fungsi saja, tetapi juga terdapat laser pointer guna mengendalikan presentasi dari jarak jauh.

PLUS: Desain keren, mungil dan ringan, teknologi short throw, kualitas gambar terang dan jelas, bisa dioperasikan menggunakan baterai, ragam koneksi, ada memori internal, sudah tersedia codec multimedia dan document viewer.

MINUS:Daya tahan baterai kurang lama.

SpesifikasiAsus P2B
TeknologiDLP
Resolusi1280 x 800 pixel (WXGA)
Aspect ratio4:3/16:9/16:10
Zoom ratioFixed
Tingkat kecerahan350 ANSI lumens
Rasio kontras3500:1
Rentang proyeksi0,5 hingga 3 meter
KoneksiHDMI, MHL, D-Sub, audio, USB type A, card reader (microSD)
Dukungan formatVideo: 3gp, 3g2, ASF, AVI, DAT, FLV, M4V, MKV, MOV, MP4, MPG, TS, VOB, WMV/ Audio: AAC, APE, FLAC, MP1, MP2, MP3, OGG, WAV, WMA/ Picture: JPEG, BMP, PNG, JPG/ Document Viewer: Adobe PDF, Microsoft PowePoint, Microsoft Excel, Microsoft Word, Text
Daya listrik (on/standby)<30/<0,5 watt
Baterai internal2950 mAh
Audio1,5 watt RMS
Dimensi (plt)14,25 x 3,46 x 13 cm
Bobot1,4 kg
KelengkapanKabel power, adaptor, remote, kabel VGA to mini VGA, manual, kartu garansi, carrying bag
Situs Webhttp://www.asus.com
Garansi1 tahun
Harga kisaranRp8.200.000
KontakNusantara Jaya Teknologi, (021) 612-4541