Uji Produk Tablet PC Asus ZenPad 7.0 Z370CG: Dilengkapi Audio Cover

Asus ZenPad 7.0 Z370CG: Dilengkapi Audio Cover

asus-zenpad

Pada akhir bulan Agustus tahun 2015 lalu, Asus meluncurkan varian perangkat baru yang disebut ZenPad. ZenPad bisa dibilang merupakan lini baru komputer tablet Asus yang diharapkan akan mampu mengulang sukses lini smartphone Zenfone.

Di antara sejumlah varian ZenPad yang diluncurkan, kami berkesempatan untuk menjajal salah satunya, yaitu Asus ZenPad 7.0 Z370CG. Sesuai namanya, komputer tablet ini memiliki bentang diagonal layar sebesar tujuh inci.

Sepertinya, Asus memposisikan ZenPad 7.0 Z370CG ini sebagai salah satu pilihan untuk kelas entry-level. Hal ini terlihat dari spesifikasinya yang menurut kami tak terlalu istimewa. Layar tujuh incinya memiliki resolusi 800 x 1.280 pixel dan menggunakan panel IPS. Menurut pengamatan kami, layar ini mampu menghasilkan warna yang baik dengan tingkat kontras yang cukup.

Selain itu, komputer tablet ini juga ditenagai prosesor Intel Atom x3 C3230. Berbeda dengan Atom Z3580 yang digunakan pada smartphone Zenfone 2, prosesor dengan kode SoFIA ini memiliki kecepatan yang lebih rendah, yaitu 1,1 GHz. Hal ini tentu membuat kinerjanya tak secepat smartphone-nya. Meskipun begitu, komputer tablet ini dibekali dengan memori RAM sebesar dua gigabyte yang sudah cukup memadai untuk menjalankan aplikasi-aplikasi terkini serta melakukan aktivitas multitasking.

Kemampuan multimedia menjadi hal yang diunggulkan Asus pada komputer tablet ini. Pasalnya, Asus juga menyertakan sebuah aksesori berupa cover di dalam paketnya. Bukan cuma sekadar cover, tapi cover yang disediakan adalah sebuah audio cover yang bukan hanya melindungi komputer tablet dari guncangan dan goresan, tapi juga mampu meningkatkan kualitas suaranya karena cover ini dilengkapi dengan speaker tambahan.

Untuk menggunakannya, Anda perlu melepas cover plastik ZenPad 7.0 Z370CG ini dan menggantinya dengan audio cover tersebut. Komputer tablet dan audio cover akan terhubung via sebuah konektor khusus. Dengan demikian, saat menggunakan cover ini, Anda bisa memindahkan seluruh suara yang tadinya dikeluarkan oleh komputer tablet ke audio cover. Oh ya, audio cover ini juga memiliki baterai terpisah. Anda bisa mengisi dayanya secara terpisah dengan charger yang telah disertakan, atau mengisi dayanya bersamaan dengan komputer tablet (namun cara ini akan memakan waktu lebih lama).

Dengan prosesor entry-level Atom x3 berkecepatan rendah, kinerja komputer tablet ini memang bisa dibilang kurang kencang, khususnya saat harus menjalankan aplikasi dan game berat. Namun untuk memenuhi kebutuhan multimedia, keberadaan audio cover ini sangat membantu. Apalagi, tersedia memori internal berkapasits enam belas gigabyte dan selot kartu memori microSD untuk menyimpan banyak file multimedia Anda.

Selain melindungi komputer tablet, cover ini juga memiliki speaker tambahan. Ini membuat komputer tablet ini mampu bersuara lebih nyaring.

Selain melindungi komputer tablet, cover ini juga memiliki speaker tambahan. Ini membuat komputer tablet ini mampu bersuara lebih nyaring.

 

Bagian belakang Asus ZenPad 7.0 Z370G bisa dilepas dan diganti dengan audio cover.

Bagian belakang Asus ZenPad 7.0 Z370G bisa dilepas dan diganti dengan audio cover.

 

Kinerja Intel Atom x3 C3230 yang digunakan terlihat lambat saat menjalankan aplikasi berat.

Kinerja Intel Atom x3 C3230 yang digunakan terlihat lambat saat menjalankan aplikasi berat.

Hasil Uji

PengujianAsus ZenPad 7.0 Z370CG
Antutu Benchmark 6.015758
PCMark – Work Performance2214
3Dmark - Ice Storm5266
3Dmark - Ice Storm Extreme3858
3Dmark - Ice Storm Unlimited5757
GeekBench 3 - Single Core328
GeekBench 3 - Multi Core924

Plus: Harga cukup terjangkau, kualitas audio cover bagus

Minus: Kinerja kurang cepat, kapasitas baterai kurang

SpesifikasiAsus ZenPad 7.0 Z370CG
Chip prosesorIntel Atom x3 C3230
RAM2 GB
Chip grafisMali-450MP4
Kapasitas memori internal16 GB
Dukungan koneksiUSB (mendukung OTG), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, A-GPS
Kamera8 megapixel (belakang), 2 megapixel (depan)
Layar7 inci 800 x 1.280 pixel
Kapasitas baterai3.450 mAh
Dimensi/bobot189 x 110.9 x 8.7 mm/272 gram
Jaringan selulerHSDPA
Sistem operasiAndroid 5.0.2 (Lollipop)
Situs webid.asus.com
Garansi1 tahun
HargaRp2.399.000

Comments

comments