Fitur Daftar Startup Fintech di Indonesia

Daftar Startup Fintech di Indonesia

ilustrasi-fintech-infokomputer-heri-cahyadi

Jika mengacu pada Oxford Dictionary, definisi fintech alias financial technology sebenarnya adalah penggunaan teknologi yang mendukung sistem perbankan. Namun, belakangan istilah fintech banyak dikaitkan kepada perusahaan rintisan (startup) yang menghadirkan solusi seputar keuangan dan perbankan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri mengelompokkan fintech ke dalam dua bagian. Kelompok pertama disebut Fintech 2.0 yang merupakan produk berbasis teknologi yang dihasilkan bank atau institusi keuangan terdaftar lainnya. Sedangkan produk seputar finansial yang dihasilkan oleh perusahaan rintisan atau bukan dari institusi keuangan resmi disebut dengan Fintech 3.0.

“Saat ini OJK telah mengidentifikasi keberadaan lima puluh fintech startup di Indonesia,” ungkap Dwi Kurniawan (Direktur Strategi dan Pengembangan Sistem Informasi, Departemen Pengelolaan Sistem Informasi/DPSI OJK).

Aneka startup ini menawarkan berbagai jasa, mulai dari Peer-to-Peer (P2P) lending (simpan pinjam dan pemodalan), crowdfunding (penghimpunan dana), payment gateway, e-money (uang elektronik), e-wallet (dompet elektronik), perbandingan produk keuangan, stock trading (jual beli saham), gadai, donasi, dan sebagainya.

Pada artikel ini, kami mencoba menyajikan daftar lengkap pemain Fintech 3.0 yang ada di Indonesia dan akan diperbarui secara bertahap.

Jika Anda berasal dari perusahaan fintech namun belum terdaftar di sini, silakan informasikan kepada kami lewat alamat e-mail: redaksi@infokomputer.com.

Untuk berganti halaman, tekan tombol Next atau nomor halaman di bagian bawah. Anda juga bisa memilih daftar fintech berdasarkan jenis layanannya.

  1. Peer-to-peer Lending
  2. Payment Gateway, E-Money, E-Wallet
  3. Situs pembanding dan Marketplace
  4. Layanan keuangan lain