Uji Produk Periferal Brother P-Touch 9800PCN: Cetak Label Melalui Jaringan

Brother P-Touch 9800PCN: Cetak Label Melalui Jaringan

utama-01

Brother menghadirkan salah satu varian printer label seri P-Touch melalui PT-9800PCN. Seri ini memiliki dukungan port LAN sehingga bisa digunakan secara bersama-sama dalam satu jaringan. Dengannya, Anda tinggal menancapkan ke printer ke komputer server dan mengaturnya agar bisa di-bagi pakai untuk beberapa komputer lainnya.

Saat digunakan sebagi printer jaringan, Anda mesti memasang aplikasi lain yaitu P-Touch Editor Lite LAN. Dari sini Anda bisa menentukan atau mengatur segala hal yang berhubungan dengan bagi pakai perangkat tersebut.

Meski bertajuk sebagai printer, Brother PT-9800PCN memiliki desain yang mungil dan ringkas. Anda bahkan bisa menentengnya menggunakan satu tangan. Selain mudah dipindah atau dibawa, printer ini juga tidak akan memakan banyak ruang pada meja kerja atau tempat lain.

Brother PT-9800PCN menggunakan kaset pita berisi label sebagai media cetaknya. Jenis kaset pita yang digunakan yaitu tipe TZ yang berisi label berukuran 3,5 sampai 36 mm dan HG yang memiliki ukuran 6 hingga 36 mm dengan berbagai pilihan warna yang disesuaikan dengan kebutuhan pelabelan. Pada paket penjualannya sendiri telah disertakan kaset pita tipe HG warna putih berlaminasi.

Proses pemasangan cartridge pita untuk labelnya terbilang mudah. Anda bisa membuka terlebih dahulu cover atas printer dengan menekan tombol yang terdapat di sisi kanan. Masukkan cartridge sesuai dengan tempatnya dan pastikan bahwa pita telah terpasang dengan benar.

Brother telah menyertakan aplikasi pendukung yaitu P-Touch Editor 5.1 yang berguna untuk mendesain tulisan ataupun tampilan pada label yang hendak dicetak. Setelah merancang desain label, Anda tinggal menekan tombol Print dan perangkat akan langsung mencetak dan kertas label akan terpotong secara otomatis sesuai ukurannya. Proses cetaknya cukup tenang dan tidak menimbulkan bunyi seperti printer konvensional, waktunya pun terbilang gegas. Hasil cetak pada label langsung dilaminasi sehingga tidak mudah pudar dan tahan segala kondisi dan cuaca.

 

Port USB Bagian depan terdapat port USB 2.0 yang berguna untuk menghubungkan ke perangkat lain, seperti barcode scanner.

Port USB
Bagian depan terdapat port USB 2.0 yang berguna untuk menghubungkan ke perangkat lain, seperti barcode scanner.

 

Koneksi jaringan Tidak hanya dukungan koneksi ke PC anyar maupun lawas, seri ini menyertakan pula port LAN yang bisa digunakan secara bersama oleh komputer lain yang berada dalam satu jaringan.

Koneksi jaringan
Tidak hanya dukungan koneksi ke PC anyar maupun lawas, seri ini menyertakan pula port LAN yang bisa digunakan secara bersama oleh komputer lain yang berada dalam satu jaringan.

 

Instalasi mudah Kompartemen yang tersedia memudahkan pemasangan kaset pita.

Instalasi mudah
Kompartemen yang tersedia memudahkan pemasangan kaset pita.

 

Bonus pita Mendukung dua jenis kaset pita yaitu tipe TZe dan HGe, pada paket penjualan sudah disertakan satu kaset pita tipe HGe.

Bonus pita
Mendukung dua jenis kaset pita yaitu tipe TZe dan HGe, pada paket penjualan sudah disertakan satu kaset pita tipe HGe.

 

P-touch Editor Menggunakan P-touch Editor, Anda bisa menggunakan template yang ada atau gambar pilihan sendiri sesuai dengan selera dan kreasi masing-masing.

P-touch Editor
Menggunakan P-touch Editor, Anda bisa menggunakan template yang ada atau gambar pilihan sendiri sesuai dengan selera dan kreasi masing-masing.

 

PLUS: Instalasi dan operasional mudah, bisa cetak barcode, cepat saat mencetak, hasil cetaknya akurat, kompatibel dengan Windows dan Mac OS, dukung koneksi jaringan.

MINUS: Tidak ada penampung keluaran pita, pengoperasian aplikasi agak membingungkan.

SpesifikasiBrother P-Touch 9800PCN
Tipe printerLabel printer – laminated thermal transfer
Resolusi360 x 720 dpi (14 x 28 dots/mm)
Print head360 dpi/384 dots
Tipe pitaTZ tape (laminated), HG tape
Kecepatan (maks.)HG tape: 3,15 ips (80 mm/detik); TZ tape: 0,78 ips (20 mm/detik)
PemotongAuto full cutter, auto half cutter
FeatureCutter sensor/tape end sensor/cover open sensor/tape sensor
AplikasiP-touch Editor 5.1/P-touch Editor Lite LAN
KoneksiUSB, serial, LAN (10/100BASE-TX), USB Direct Interface
Dukungan sistem operasiWindows 2000/XP/Vista/7, Mac OS 10.3.9 – 10.6
Dimensi116 x 193 x 140 mm
Bobot1,58 kg
Garansi3 tahun
Harga kisaranRp6.690.000

Comments

comments