Berita Indosat Ooredoo Umumkan Para Pemenang IWIC 10 yang Raih Hadiah Puluhan Juta...

Indosat Ooredoo Umumkan Para Pemenang IWIC 10 yang Raih Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Para pemenang IWIC 10.

Para pemenang IWIC 10.

Indosat Ooredoo kembali melahirkan bakat-bakat baru di industri pengembangan aplikasi mobile setelah mengumumkan para pemenang ajang Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-10 pada hari Rabu ini (2/11).

Sebanyak 34 peserta berhasil menjadi juara pada IWIC 10 setelah menyingkirkan pesaing-pesaing lainnya yang mengirimkan total 3.592 proposal dalam kompetisi ini. Daftar lengkap pemenang bisa dilihat di sini.

Angka ini sekaligus menunjukkan peningkatan partisipasi yang konstan dibandingkan IWIC-IWIC sebelumnya. Contohnya, IWIC 9 yang menerima 3.173 proposal, IWIC 8 yang “hanya” menerima 1.738 proposal, dan IWIC 7 dengan 667 proposal saja. Total proposal ide yang telah diterima IWIC selama sepuluh tahun penyelenggaraannya berjumlah 10.703 ide dan aplikasi.

Hebatnya, para peserta yang menjadi juara tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga dari luar negeri, antara lain Filipina, Jepang, dan Myanmar. Mereka berhak membawa pulang hadiah uang tunai puluhan juta rupiah, smartphone 4G, rekening Dompetku, dan voucher Cipika.

“Dengan hadirnya peserta dari luar negeri, otomatis memberi kesempatan bagi para developer muda terbaik Indonesia untuk bersaing secara global. Kami berharap hal ini akan dapat meningkatkan daya saing talenta lokal agar mampu bersaing di tingkat dunia,” ujar Alexander Rusli (President Director & CEO, Indosat Ooredoo).

Alex juga menyoroti peningkatan jumlah proposal ide dan aplikasi pada kategori khusus Women & Girls dibandingkan tahun lalu. “Ini merupakan indikasi bahwa wanita juga mampu berperan dalam pengembangan dunia digital,” kata dia.

Pidato Alexander Rusli (President Director & CEO, Indosat Ooredoo).

Pidato Alexander Rusli (President Director & CEO, Indosat Ooredoo).

Sementara itu, Triawan Munaf (Kepala BEKRAF) menyatakan apresiasi kepada dedikasi Indosat Ooredoo yang secara konsisten menyelenggarakan IWIC selama satu dekade sebagai kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility).

“Dengan program ini, kita bisa memperbanyak talent pool untuk pengembang aplikasi berbakat. Tema Change The World yang diusung kali ini juga sangat relevan supaya anak-anak muda bisa peduli dengan masalah-masalah di sekelilingnya, lalu mencari solusi digitalnya,” tukas Triawan.

Sejak dimulai pada April lalu, IWIC 10 telah melewati serangkaian acara, di antaranya roadshow ke berbagai kampus dan gathering komunitas pengembang aplikasi di sejumlah daerah. Ada pula kegiatan Kids & Teens Hackathon, Developers Hackathon, Developers Challenge, dan Entrepreneurship Bootcamp selama dua hari.

Acara pengumuman pemenang hari ini pun diikuti oleh kegiatan Developer Conference berisi diskusi panel yang mendatangkan beragam pembicara dari dunia startup dan aplikasi mobile, seperti Qlue, PicMix, Talenta, Bukalapak, Ruangguru, serta aneka komunitas pengembang di daerah, yaitu Subali, SUWEC, Stasion, dan Bancakan 2.0.

Para peserta juga dapat mengikuti sesi Smart Pitching untuk mempresentasikan ide-ide bisnis mereka kepada para perwakilan investor yang hadir, antara lain Skystar Ventures, Mountain Kejora Ventures, Ideabox, dan Ideosource.