Uji Produk Periferal TP-LINK Archer C2600: Dengan MU-MIMO

TP-LINK Archer C2600: Dengan MU-MIMO

tplink-1

Perlahan-lahan, wireless router yang mendukung MU-MIMO (Multiple User, Multiple Input Multiple Output) mulai bermunculan di pasar Indonesia. Kali ini, TP-LINK yang menghadirkan wireless router Archer C2600. Perangkat ini juga menghadirkan dukungan teknologi MU-MIMO yang diklaim bisa meningkatkan efisiensi throughput saat terhubung dengan beberapa perangkat sekaligus.

TP-LINK Archer C2600 ini hadir dengan dukungan koneksi nirkabel pita ganda (2,4 GHz dan 5 GHz) dengan dukungan 802.11ac. Kecepatan maksimalnya pada 2,4 GHz adalah sebesar 800 Mbps, sedangkan kecepatan maksimal pada pita 5 GHz bisa mencapai 1.600 Mbps. Hadirnya dukungan teknologi MU-MIMO bisa membuat bandwidth yang tersedia bisa tersalurkan ke perangkat-perangkat yang terhubung secara lebih merata. Namun untuk memanfaatkan koneksi tersebut, perangkat-perangkat klien yang terhubung pun harus sudah mendukung teknologi tersebut. Wireless router ini memiliki empat buah antena eksternal dengan dukungan beamforming untuk mengarahkan sinyal ke perangkat secara lebih akurat.

Untuk koneksi kabelnya, TP-LINK Archer C2600 ini menyediakan empat buah port LAN dan satu buah port WAN yang seluruhnya juga sudah mendukung gigabit. Di sisi sebelah kanannya tersedia dua buah port USB 3.0 yang bersebelahan dengan tombol WPS serta tombol untuk mematikan dan menghidupkan koneksi nirkabel. Dua buah port USB 3.0 tersebut bisa digunakan untuk media penyimpanan eksternal serta printer. Pengaturannya bisa Anda lakukan melalu panel kontrol webnya.

Saat kami menguji kecepatannya, TP-LINK Archer C2600 ini mampu menghasilkan throughput yang sangat baik, baik saat digunakan pada pita 2,4 GHz maupun 5 GHz. Saat digunakan pada pita 2,4 GHz, TP-LINK Archer C2600 ini mampu menghasilkan kecepatan rata-rata sekitar 347,89 Mbps dengan koneksi klien tunggal. Dengan konfigurasi yang sama, wireless router ini mampu mencapai kecepatan rata-rata sekitar 687 Mbps pada pita 5 GHz dan teknologi MU-MIMO aktif. Kami juga mencoba menghubungkan tiga buah klien yang sudah mendukung MU-MIMO. Hasilnya, seluruh komputer mampu mendapatkan kecepatan rata-rata sekitar 155 Mbps. Namun kinerja port USB yang tersedia tergolong biasa saja, bahkan mungkin agak lambat untuk standar USB 3.0. Saat kami coba untuk melakukan transfer data melalui port tersebut, kecepatan bacanya berada di sekitar 65 MBps dengan kecepatan tulis 37 MBps.

Wireless router ini dibekali prosesor dual core 1,6 GHz. Hasilnya, penjelajahan menu di panel kontrolnya terbilang responsif untuk menjalankan berbagai opsi yang tersedia. Selain itu, prosesor dual core tersebut juga bermanfaat saat harus melayani banyak perangkat yang terhubung sekaligus.

Dua buah port USB 3.0 untuk koneksi ke media simpan dan printer ada di sebelah kanan.

Dua buah port USB 3.0 untuk koneksi ke media simpan dan printer ada di sebelah kanan.

 

Tampilan panel kontrolnya kini baru, lebih segar, dan mudah digunakan.

Tampilan panel kontrolnya kini baru, lebih segar, dan mudah digunakan.

Plus: Kinerja throughput baik, port lengkap, mendukung MU-MIMO

Minus: Kinerja port USB 3.0 biasa saja

[ws_table id=”594″]

Comments

comments