Berita iCIO Community Kumpulkan Para Eksekutif Lintas Industri untuk Bahas Ekonomi Digital

iCIO Community Kumpulkan Para Eksekutif Lintas Industri untuk Bahas Ekonomi Digital

icio_community

iCIO Community menggelar Executive Leadership Forum dengan mengundang puluhan CIO dan jajaran dewan direksi lainnya dari berbagai sektor industri serta pemerintah guna membahas fenomena ekonomi digital berikut peluang dan tantangannya.

iCIO Executive Leadership Forum 2017 mengusung tema “Unlock the Full Potential of Digital Economy” untuk membantu industri memaksimalkan potensi ekonomi digital sebagai penentu inovasi dan pertumbuhan bisnis melalui kolaborasi dari beberapa aspek seperti teknologi digital, dukungan kebijakan dan utilisasi data.

Acara seminar dan diskusi ini didukung oleh para profesional industri, pakar bisnis serta pemerintah sebagai pembicara kunci, di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Handry Satriago (CEO General Electrics Indonesia), dan Derianto Kusuma (Co-founder Traveloka).

“Melalui event ini, kami ingin menjembatani komunikasi antara pemerintah dan pelaku bisnis lintas industri untuk dapat saling bertukar pikiran maupun berinovasi dalam mengembangkan ekonomi digital.  Didukung pula oleh kemitraan iCIO dengan perguruan tinggi, kita ingin memperkuat kolaborasi antara tiga pilar ini, sejalan dengan penerapan yang oleh para pakar disebut sebagai triple helix for innovation,” ujar Agus Wicaksono (Chairman iCIO Community).

 

Lembaga riset Gartner  memprediksi pada 2018, koneksi menjadi ekonomi baru yang mendorong organisasi untuk meningkatkan investasi pada aset dan sistem fisik sebanyak 30%. Kehadiran teknologi digital di mana semua perangkat terkoneksi mampu meningkatkan nilai produk dan layanan yang sifatnya tradisional melalui pemanfaatan data, konten, algoritma, analisis, serta hubungan antar pelaku ekonomi dalam sebuah ekosistem digital.

Ke depannya CIO, Chief Data Officer dan Chief Digital Officer semakin dituntut untuk mampu mengidentifikasi sumber potensial dari nilai digital, asset digital yang sudah ada, produk dan jasa, serta value dari tiap komponen tersebut.