Uji Produk Periferal Canon EOS M3: Kualitas DSLR dalam Bodi yang Ringkas

Canon EOS M3: Kualitas DSLR dalam Bodi yang Ringkas

canon-1

Di ranah kamera mirrorless, Canon memiliki lini EOS M yang sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu. Kali ini kami berkesempatan untuk menjajal salah satu varian terbarunya, yaitu EOS M3. Dimensi Canon EOS M3 ini terbilang cukup kompak jika dibandingkan dengan kamera mirrorless lainnya yang ada di pasaran saat ini. Dengan dimensi sekitar 111 x 68 x 44 mm dan bobot sekitar 366 gram (bodi saja), Canon EOS M3 ini terasa mirip dengan banyak kamera saku kelas atas, bahkan lebih ringkas jika dibandingkan dengan sejumlah kamera prosumer yang memiliki bentuk menyerupai kamera DSLR.

Walaupun memiliki dimensi yang terbilang kompak, namun Canon EOS M3 ini menurut kami tetap terasa nyaman saat digunakan dalam genggaman. Sedikit tonjolan kecil yang berfungsi sebagai hand grip membuat Anda bisa memegangnya dengan mantap menggunakan satu tangan. Apalagi bagian ini juga diberikan lapisan karet tambahan yang membuatnya tidak licin. Lapisan karet ini juga ditemui di bagian belakang kanan atas, tempat meletakkan jempol.

Posisi tombol-tombol pada kamera ini juga diletakkan dengan cukup baik. Anda bisa menjangkau hampir seluruh tombol pada kamera ini tanpa perlu menggerakan jari terlalu banyak. Untuk mengatur shutter speed dan diafragma, Anda bisa menggunakan tombol putar yang ada di belakang, serta kenop yang melingkari tombol shutter.

Canon EOS M3 ini dibekali dengan sensor berukuran APS-C yang memiliki resolusi maksimal 24,2 mega pixel. Sensor ini serupa dengan yang digunakan pada beberapa varian kamera DSLR Canon lain. Sensor ini dikombinasikan dengan prosesor DIGIC 6 yang mampu memproses gambar dengan cepat dan minim noise.

Untuk videonya, Canon EOS M3 mendukung perekaman video hingga resolusi full HD (1920 x 1080 pixel) dengan 25 frame per detik. Selain itu juga masih ada opsi perekaman video dengan resolusi yang lebih kecil seperti 1280 x 720 pixel (HD) 50 frame per detik, dan 640 x 480 pixel (SD) 25 frame per detik. Sayang masih belum tersedia opsi untuk merekam video dengan resolusi ultra HD (4K). Untuk perekaman video juga, kamera ini menyediakan sebuah port 3,5 inci untuk mikropon eksternal.

Untuk mengambil gambar, Anda bisa menggunakan layar berdiagonal tiga inci pada Canon EOS M3 ini. Secara standar kamera ini memang tidak memiliki viewfinder optik maupun elektronik sehingga Anda harus mengandalkan layarnya saja untuk mengambil gambar. Untungnya layar ini memiliki fitur layar sentuh, serta dapat dilipat ke atas dan ke bawah untuk pengambilan gambar dengan sudut yang lebih sulit. Layarnya bisa ditekuk ke bawah sebanyak 45 derajat dan ditekuk ke atas sebanyak 180 derajat. Ya, layarnya bisa ditekuk ke atas hingga 180 derajat menghadap ke depan membuatnya sangat cocok untuk melakukan selfie ataupun merekam video sendiri. Jika Anda lebih menyukai menggunakan viewfinder, Canon juga menyediakan aksesoris tambahan berupa viewfinder elektronik eksternal yang dijual secara terpisah. Oh ya, walaupun berdimensi kompak, namun kamera ini tetap menyediakan hotshoe untuk pemasangan flash eksternal atau aksesoris lainnya.

Canon EOS M3 yang kami terima ini menggunakan lensa kit EF-M 18-55mm f/3,5-5,6 IS STM. Lensa ini sebenarnya berukuran cukup kompak walaupun masih terbilang besar jika dibandingkan beberapa lensa kit kamera mirrorless lain. Lensanya telah dibekali dengan penstabil gambar yang cukup efektif meredam getaran saat harus memotret dalam kecepatan rendah. Fitur STM juga membuatnya minim suara saat menggunakan auto fokus pada perekaman video.

Kamera ini juga dilengkapi dengan konektivitas nirkabel WiFi serta NFC untuk koneksi yang lebih mudah. Untuk melakukan transfer data maupun mengambil gambar secara remote, Canon juga telah menyediakan aplikasi Canon Camera Connect yang tersedia untuk Android maupun iOS. Jika smartphone Anda telah mendukung NFC, Anda bisa langsung menyentuhkannya pada panel NFC yang ada di sisi kiri kamera.

Saat kami coba menggunakan Canon EOS M3, kamera ini terasa menyenangkan untuk digunakan. Dengan kombinasi lensa kit yang telah kami sebut sebelumnya, kecepatan fokus yang dihasilkan cukup baik, walaupun terasa melambat saat kondisi cahaya mulai redup. Hasil fotonya terbilang baik, termasuk juga saat digunakan pada ISO tinggi. Kecepatan continous drive yang 4,2 frame per detik rasanya sudah cukup baik, namun masih kurang jika Anda ingin mengambil gambar yang membutuhkan kecepatan lebih. Oh ya, baterai lithium ion LP-E17 milik kamera ini kira-kira sanggup digunakan untuk memotret hingga 250 gambar.

Canon EOS M3 dibekali dengan sensor APS-C dengan resolusi 24,2 mega pixel.

Canon EOS M3 dibekali dengan sensor APS-C dengan resolusi 24,2 mega pixel.

 

Layarnya bisa dilipat hingga 180 derajat ke atas, bisa dipakai untuk selfie.

Layarnya bisa dilipat hingga 180 derajat ke atas, bisa dipakai untuk selfie.

 

Layar lipat memungkinkan pengambilan gambar dengan sudut sulit menjadi lebih mudah.

Layar lipat memungkinkan pengambilan gambar dengan sudut sulit menjadi lebih mudah.

 

Dibalik dimensinya yang kompak, kamera ini mampu memberikan kinerja yang terbilang baik.

Dibalik dimensinya yang kompak, kamera ini mampu memberikan kinerja yang terbilang baik.

 

Konektivitas NFC tersedia di sebelah kiri kamera.

Konektivitas NFC tersedia di sebelah kiri kamera.

Plus: Dimensi bodi ringkas, ada hotshoe, kualitas gambar baik, layar bisa dilipat, harga terjangkau

Minus: Tanpa viewfinder, belum mendukung video 4K

SpesifikasiCanon EOS M3
Jenis SensorAPS-C CMOS
Resolusi Maksimal24,2 mega piksel
ProsesorCanon DIGIC 6
ISO100-25600
Jenis MountCanon EF-M
MemoriSD/SDHC/SDXC
Ukuran Layar3 inci
Resolusi Layar1.040.000 titik
FlashYa (tersedia hotshoe)
Continous Drive4,2 frame per detik
Resolusi VideoMaksimal 1920 x 1080 piksel, 25 frame per detik
KonektivitasUSB 2.0, mini HDMI, WiFi, NFC
BateraiLithium Ion LP-E17
Dimensi111 x 68 x 44 mm (bodi saja)
Bobot366 gram (bodi saja)
Garansi1 Tahun
Situs Webwww.canon.co.id
Harga KisaranRp7.375.000 (lensa 18-55 mm)/Rp7.475.000 (lensa 15-45 mm)

Comments

comments