Uji Produk Periferal D-Link DSP-W215: Tawaran Menarik untuk Smart Home

D-Link DSP-W215: Tawaran Menarik untuk Smart Home

dlink-1

D-Link DSP-W215 ini adalah sebuah smart plug yang merupakan bagian dari solusi smart home yang ditawarkan oleh D-Link. D-Link DSP-W215 ini hadir dengan desain bentuk yang mengotak. Dimensinya sendiri menurut kami terbilang besar. Ukurannya yang cukup besar membuat smart plug ini berpotensi menggangu colokan lain yang bersebelahan dengannya.

Smart plug D-Link DSP-W215 ini hadir dengan koneksi nirkabel yang mendukung koneksi 802.11n. D-Link juga menjanjikan konfigurasi yang mudah dan cepat untuk memudahkan Anda menggunakan perangkat ini. Untuk menghubungkan perangkat ini ke jaringan nirkabel yang ada di tempat anda, D-Link telah menyediakan aplikasi mydlink Home yang tersedia untuk Android maupun iOS.

Aplikasi mydlink Home menyediakan beberapa cara untuk menghubungkan D-Link DSP-W215 ini ke jaringan nirkabel anda. Salah satu caranya adalah koneksi cepat dengan memindai QR Code pada kartu yang telah disertakan dalam paket penjualan. Pilihan lainnya adalah melakukan konfigurasi secara manual dengan memilih perangkat smart home yang didukung oleh aplikasi ini. Setelah itu aplikasi ini akan menuntun anda untuk melakukan koneksi secara otomatis dengan memanfaatkan koneksi WPS, atau bisa juga melakukan koneksi secara manual.

Setelah terkoneksi, Anda bisa melakukan sejumlah hal pada aplikasi mydlink Home ini. Anda bisa menghidupkan atau mematikan D-Link DSP-W215 ini melalui smartphone Anda, menentukan jadwal hidup dan mati secara otomatis, serta memantau kondisi temperatur serta konsumsi listrik dari perangkat yang terhubung ke smart plug ini. Perangkat ini juga telah memiliki proteksi terhadap panas sehingga bisa mati secara otomatis apabila mendeteksi tingkat panas yang berlebih. Namun tingkat panas tersebut hanya diukur berdasarkan temperatur suhu yang ada pada colokan, bukan kondisi suhu perangkat.

D-Link DSP-W215 dan aplikasi mydlink Home menawarkan konfigurasi yang mudah. Namun saat kami coba, beberapa kali terjadi hambatan yang menurut kami cukup mengganggu. Aplikasi mydlink Home beberapa kali tidak dapat mendeteksi smart plug ini walaupun telah terkoneksi dengan baik melalui WPS. Selebihnya menurut kami kinerja yang dihasilkannya sudah terbilang baik walaupun sebenarnya fitur yang ditawarkan masih bisa ditambah lebih banyak lagi.

D-Link menghadirkan fitur yang cukup menarik pada smart plug ini.

D-Link menghadirkan fitur yang cukup menarik pada smart plug ini.

 

Aplikasi mydlink Home terasa kurang konsisten karena beberapap kali tak mampu mendeteksi perangkat yang sudah terhubung.

Aplikasi mydlink Home terasa kurang konsisten karena beberapap kali tak mampu mendeteksi perangkat yang sudah terhubung.

Plus: Fitur menarik

Minus: Dimensi besar, aplikasi kurang konsisten

SpesifikasiD-Link DSP-W215
Koneksi2,4 GHz 802.11b/g/n
FiturSmart Remote Control, Push Notifications. Energy Use Statistics, Power scheduling, Overheat Protection
Garansi1 tahun
Situs webwww.dlink.co.id
Harga (kisaran)Rp799.000