Uji Produk Periferal Relion RealPen: Pesaing Intel Compute Stick

Relion RealPen: Pesaing Intel Compute Stick

utama

Kehadiran Intel Compute Stick beberapa tahun lalu menjadi awal kehadiran perangkat PC stick, sebuah PC mini berbentuk mirip USB flash disk. RealPen memiliki fisik serta fungsi yang mirip dengan Intel Compute Stick. Berbahan metal, seluruh lapisannya berwarna emas yang dilengkapi dengan berbagai port pendukung di sekelilingnya. Sebagai port utama, RealPen memanfaatkan port HDMI agar terhubung ke layar monitor atau TV.

Karena penggunaannya bersifat mobile dan portabel, spesifikasi yang digunakannya diperuntukkan bagi kebutuhan komputasi sederhana. RealPen menggunakan prosesor Intel Atom Z3735F 1,33 GHz serta memori utama sebesar dua gigabyte. Untuk media simpannya menggunakan eMMC berukuran 32 GB. Seluruh komponen tersebut telah tertanam dan tidak bisa di-upgrade.

Uniknya lagi, RealPen menggunakan dua sistem operasi, yaitu Windows 10 Home dan Android 4.4.4. Saat perangkat dinyalakan, Anda akan langsung dihadapkan dengan pilihan menu untuk memilih salah satu sistem operasi tersebut. Selanjutnya perangkat akan bekerja seperti layaknya PC. Khusus pada sistem Android, karena masalah kompatibilitas, beberapa aplikasi yang ada di Google Play Store tidak bisa dipasang di sini.

Jika Intel Compute Stick masih membutuhkan mouse serta keyboard yang perlu didapatkan secara terpisah, RealPen telah menyertakan sebuah keyboard tambahan berukuran mini yang juga bisa difungsikan sebagai mouse atau pointer. Keyboard ini berukuran genggaman orang dewasa dan cukup ergonomis. Anda bisa menggunakannya layaknya sebuah gamepad.

Mini keyboard bawaan ini cukup nyaman digunakan untuk mengetik. Begitu pula saat digunakan sebagai pointer, meski awalnya dibutuhkan penyesuaian terlebih dahulu. Anda tinggal mengarahkan pointer ke layar untuk berpindah kursor. Sedangkan di bagian keyboard telah terdapat tombol untuk fungsi klik kiri dan klik kanan.

Melihat kinerjanya, PC stick ini memang diperuntukkan bagi kebutuhan komputasi ringan. Jika kebutuhan penyimpanan data dirasa kurang, Anda bisa memanfaatkan selot micro-SD untuk menyimpan data atau menempatkan aplikasi tambahan.

Konektivitas Relion RealPen dilengkapi dengan dua port micro-USB. Salah satunya digunakan sebagai jalur suplai daya listrik dari catu daya yang disertakan.

Konektivitas
Relion RealPen dilengkapi dengan dua port micro-USB. Salah satunya digunakan sebagai jalur suplai daya listrik dari catu daya yang disertakan.

 

Keyboard Nirkabel Mini keyboard yang juga berfungsi sebagai pointer ini menggunakan koneksi Blutooth serta menggunakan daya dari baterai rechargeable berkapasitas 600 mAh.

Keyboard Nirkabel
Mini keyboard yang juga berfungsi sebagai pointer ini menggunakan koneksi Blutooth serta menggunakan daya dari baterai rechargeable berkapasitas 600 mAh.

PLUS: Fisik mungil dan praktis, instalasi mudah, dilengkapi keyboard yang bisa berfungsi sebagai pointer, dual sistem operasi, konsumsi daya kecil, harga menarik.

MINUS: Tidak semua aplikasi di Google Play Store bisa dipasang, ukuran media simpan yang kecil, panas.

SpesifikasiRelion RealPen
ProsesorIntel Atom Z3735F (quad core 1,33 GHz, turbo 1,83 GHz)
RAM2 GB DDR3 single channel
ChipsetTerintegrasi di prosesor
Kartu grafisIntel HD Graphics
Media simpaneMMC 32 GB
Koneksi nirkabelWi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0
Koneksi lainUSB 2.0, micro-USB 2.0 (2), HDMI
Sistem operasiWindows 10 Home 32 bit, Android 4.4.4
Dimensi10,34 x 3,76 x 1,25 cm
Catu dayaWall mount AC-DC power adapter (5 V / 2 A)
Garansi1 tahun
Situswww.realpenpc.com
Harga kisaranRp1.830.000
KontakHarco Electronic Mangga Dua, (021) 612 3102/03

Comments

comments