Uji Produk Smartphone vivo V3: Sematkan Fitur Premium

vivo V3: Sematkan Fitur Premium

utama-01

Secara bersamaan vivo V3 dan vivo V3Max hadir di tanah air. Jika dilihat dari spesifikasi, vivo V3 memiliki fitur yang lebih sederhana dibanding vivo V3Max. Kali ini kami berkesempatan mengulas vivo V3 yang menawarkan desain premium serta beberapa fitur unggulan lainnya.

Berbeda dengan vivo V3Max yang memiliki layar 5,5 inci, vivo V3 memiliki layar berukuran 5 inci dengan dukungan resolusi HD. Layarnya telah diberi lapisan pelindung layar tangguh dari Corning yaitu Gorilla Glass. vivo V3 mendukung sampai sepuluh titik sentuhan serta sudah dilengkapi dengan sembilan jenis sensor, termasuk gyroscope yang biasa dibutuhkan untuk menjalankan konten berbasis VR (virtual reality) atau video 360°. Sensor gyroscope bekerja sempurna saat menjalankan aplikasi VR menggunakan cardboard.

Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop yang dibalut dengan Funtouch OS. Funtouch OS membawa beberapa fitur yang sebelumnya biasa terdapat pada smartphone premium, namun tak disertakan dalam stock ROM Android. Di antaranya adalah fingerprint scanner untuk menjaga privasi melalui pemindaian sidik jari, serta untuk menjalankan fungsi ataupun aplikasi tertentu. Sensor ini bekerja cukup baik dengan tingkat pengenalan yang cepat. Begitu pula dengan Smart Motion yang berguna untuk mengaktifkan fitur-fitur tertentu melalui sentuhan atau gerakan khusus.

Telepon genggam ini juga mendukung Wi-Fi Display sehingga Anda bisa menampilkan tampilan di layar di smartphone pada layar yang lebih besar (misalnya TV) bermodalkan koneksi Wi-Fi. Yang tidak kalah menarik adalah Smart Multi-screen. Dengannya, Anda bisa menampilkan dua aplikasi yang dijalankan secara bersamaan. Bagi yang ingin mengoperasikan smartphone ini menggunakan satu tangan, bisa mengaktifkan fitur One-handed sehingga tampilan layar menjadi lebih kecil dan mudah digapai oleh satu tangan.

Aplikasi kamera memiliki banyak pilihan pengaturan, baik untuk foto maupun video. Semua pilihan yang tersedia dihadirkan untuk memudahkan Anda saat hendak mengambil gambar, termasuk pilihan Professional yang akan menampilkan beberapa pengaturan seperti Exposure Value, ISO, Shutter speed, White Balance, dan Focus.

Dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 616 yang ditandem dengan memori utama tiga gigabyte, skor dari aplikasi uji menunjukkan perolehan yang cukup baik. Salah satunya terlihat pada skor AnTuTu yang melebihi angka 40 ribu. Dari sisi grafis, kinerjanya juga tinggi. Ketika menjalankan beberapa game seperti Modern Combat 5, Mortal Kombat X, serta UFC, semua berjalan mulus tanpa kendala.

Kartu SIM  Selot kartu SIM terdiri dari dua jenis berbeda, yaitu micro-SIM sebagai kartu pertama dan nano-SIM untuk kartu kedua.

Kartu SIM
Selot kartu SIM terdiri dari dua jenis berbeda, yaitu micro-SIM sebagai kartu pertama dan nano-SIM untuk kartu kedua.

 

Speaker Bertenaga Speaker di bagian bawah terdengar nyaring pada volume maksimal. Meksi demikian, teknologi audio Hi-Fi hanya bekerja optimal saat Anda menggunakan headset atau earphone.

Speaker Bertenaga
Speaker di bagian bawah terdengar nyaring pada volume maksimal. Meksi demikian, teknologi audio Hi-Fi hanya bekerja optimal saat Anda menggunakan headset atau earphone.

 

Sensor Fingerprint Pemindai sidik jari berbentuk kotak berada di tengah. Hal ini memudahkan jari telunjuk untuk menggapainya saat tangan menggenggam smartphone.

Sensor Fingerprint
Pemindai sidik jari berbentuk kotak berada di tengah. Hal ini memudahkan jari telunjuk untuk menggapainya saat tangan menggenggam smartphone.

 

User Interface vivo V3 menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop yang dibalut dengan Funtouch OS.

User Interface
vivo V3 menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop yang dibalut dengan Funtouch OS.

 

Aplikasi kamera Aplikasi kamera memiliki banyak pilihan secara manual ataupun otomatis, termasuk beragam efek, filter, serta pilihan skema, baik untuk foto maupun video.

Aplikasi kamera
Aplikasi kamera memiliki banyak pilihan secara manual ataupun otomatis, termasuk beragam efek, filter, serta pilihan skema, baik untuk foto maupun video.

Hasil uji

PengujianVivo V3
Antutu Benchmark 6.1.440909
PCMark – Work Performance4091
3Dmark - Ice Storm10389
3Dmark - Ice Storm Extreme5849
3Dmark - Ice Storm Unlimited9127
GeekBench 3 - Single Core705
GeekBench 3 - Multi Core2834

PLUS: Desain keren berbahan metal, kinerja baik, ada fitur fingerprint, tersedia dukungan sekuriti dan fast charging, menggunakan teknologi audio Hi-Fi, kemampuan kamera mumpuni, antarmuka Funtouch yang kaya fitur, kinerja sensor gyroscope baik.

MINUS: UI kurang sederhana, tanpa fitur NFC.

SpesifikasiVivo V3
Chip prosesorQualcomm MSM8939 Snapdragon 616 (dual quad core Cortex-A53)
RAM3 GB
Chip grafisAdreno 405
Selot SIMDual SIM (micro dan nano)
Kapasitas memori internal32 GB
Dukungan koneksiBluetooth 4.1 A2DP, LE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, radio FM, Wi-Di, jack audio 3,5 mm, micro-USB, USB-OTG
KameraBelakang: 13 MP, phase detection autofocus, LED flash, video 1080p/Depan: 8 MP, video 1080p
Layar5ʺ IPS LCD 1.280 x 720 pixel @ 294 ppi
Kapasitas bateraiNon-removable Lithium ion 2.550 mAh
Dimensi/bobot14,36 x 7,1 x 0,75 cm/138 gr
Jaringan selulerGSM/HSPA/LTE
Sistem operasiAndroid v5.1.1 Lollipop (Funtouch OS 2.5)
Situs webwww.vivoglobal.com
Garansi1 tahun
HargaRp3.499.000

Comments

comments