Uji Produk Periferal Yealink VC120: Lebih Lengkap untuk Kebutuhan Komunikasi Kantor

Yealink VC120: Lebih Lengkap untuk Kebutuhan Komunikasi Kantor

yealink-1

Setelah kedatangan VC110, sebuah video conferencing system dari Yealink untuk kebutuhan perusahaan skala menengah hingga besar. Kali ini kami kedatangan kembali sebuah video conferencing system dari Yealink yaitu VC120. Yealink VC120 ini hadir dengan fitur yang lebih lengkap dan spesifikasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan VC110.

Yealink VC120 ini sebenarnya tersedia dalam beberapa konfigurasi perangkat. Namun di dalam paket penjualannya terdapat dua perangkat utama, yaitu sebuah kamera dan sebuah codec atau control center yang dilengkapi dengan remote control. Kamera yang ada memiliki ukuran cukup besar serta memiliki spesifikasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kamera yang ada pada VC110. Kamera ini memiliki dukungan resolusi full HD (1920 x 1080 piksel) untuk videonya, serta memiliki lensa yang mendukung zoom optis yang mencapai dua belas kali. Kamera ini juga bisa dikontrol dengan remote control yang telah disediakan. Namun tentunya Anda harus mengkoneksikan kamera dengan codec-nya terlebih dahulu karena remote control ini sebenarnya digunakan untuk mengontrol codec.

Melakukan panggilan suara pada Yealink VC120 ini membutuhkan sebuah telepon IP khusus yang terhubung ke codec melalui port audio in yang berbentuk RJ45. Pada umumnya, telepon ini juga telah disertakan dalam paket penjualan seperti telepon IP Yealink VCP40 yang ada dalam paket yang kami terima. Telepon IP desktop ini sudah dilengkapi dengan spiker, mikropon, layar, serta tombol untuk melakukan panggilan dan navigasi. Namun jika Anda ingin menggunakan perangkat lain, tersedia juga satu buah port line in untuk mikropon dan satu buah line out untuk spiker eksternal pada codec. Panggilan bisa dilakukan dengan menggunakan tombol-tombol yang ada pada remote control.

Yealink VC120 ini memiliki dukungan terhadap protokol SIP dan H.323. Selain itu, perangkat ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan konferensi dengan peserta yang cukup banyak karena VC120 ini bisa menangani sampai delapan panggilan secara sekaligus. Untuk melakukan panggilan hingga delapan peserta bisa dilakukan dengan video resolusi 1280 x 720 pixel, serta menggunakan lisensi multipoint tambahan.

Panggilan telepon melalui Yealink VC120 ini bisa dilakukan dengan memasukkan nomor ekstensi atau alamat IP telepon yang Anda tuju. Untuk memudahkan dalam mengakses nomor telepon, perangkat ini juga kompatible dengan Active Directory sehingga Anda bisa mengakses seluruh nomor yang tersimpan di perusahaan Anda setelah melakukan sinkronisasi.

Bicara kualitas, Yealink VC120 ini memiliki kualitas video yang terbilang baik. Bandwidth yang tersedia bisa dimanfaatkan secara optimal dengan sejumlah penyesuaian secara otomatis apabila kondisi bandwidth kurang memadai. Hasil rekaman bisa disimpan melalui media simpan USB pada port USB 2.0 yang disediakan. Untuk berbagi konten dari komputer, perangkat ini juga memiliki port analog D-Sub.

Yealink VCP40 ini merupakan desktop IP phone yang disertakan dalam paket penjualan.

Yealink VCP40 ini merupakan desktop IP phone yang disertakan dalam paket penjualan.

 

Seluruh konfigurasi dan navigasi bisa dilakukan lewat remote control.

Seluruh konfigurasi dan navigasi bisa dilakukan lewat remote control.

Plus: Ringkas, konfigurasi mudah, kualitas gambar dan suara bagus.

Minus: Startup lambat, tanpa spiker internal.

[ws_table id=”598″]

Comments

comments