Berita Adobe Kembangkan Asisten Digital untuk Edit Gambar di Photoshop

Adobe Kembangkan Asisten Digital untuk Edit Gambar di Photoshop

adobe photoshop express asisten digital

Adobe sedang mengembangkan asisten digital yang dapat membantu pengguna Photoshop untuk mengedit gambar dengan perintah suara. Proyek itu dituangkan Adobe ke dalam sebuah video berdurasi 30 detik yang diunggah ke YouTube.

Pada video itu, terlihat seorang pria menggunakan aplikasi Adobe Photoshop Express di sebuah iPad. Aplikasi itu memuat ikon mikrofon di bagian atas untuk mengaktifkan asisten digital yang dapat mengenali perintah suara.

Di dalam video demo, pria itu memerintahkan asisten digital untuk memotong (crop) gambar menjadi persegi, membalik foto, dan membaliknya lagi ke posisi semula. Semua dikomandoi dengan perintah suara dalam bahasa percakapan sehari-hari. Contohnya, “Go back” untuk mengembalikan gambar ke kondisi sebelumnya atau “I like it” untuk menyimpan gambar hasil editan.

Adobe menekankan bahwa video demo ini masih bersifat proof of concept atau konsep awal.

“Tim Adobe Research sedang mencari tahu seperti apa asisten digital yang cerdas untuk aplikasi editor foto. Untuk itu, kami menggabungkan ilmu interaksi suara dan pemahaman atas alur kerja kreatif dan aspirasi para pengguna kami,” kata juru bicara Adobe.

“Sistem pengenalan suara kami mampu mengenali instruksi suara yang dipakai pengguna sehari-hari untuk mengedit gambar, baik secara lokal lewat on-device computing maupun lewat layanan penerjemah Natural Language berbasis cloud,” pungkasnya.

Video demo asisten digital Adobe Photoshop: