Berita Akuisisi Yahoo oleh Verizon Segera Rampung, Lahirkan Altaba

Akuisisi Yahoo oleh Verizon Segera Rampung, Lahirkan Altaba

Verizon Resmi Beli Yahoo Senilai USD 4.83 Miliar

Verizon Resmi Beli Yahoo Senilai USD 4.83 Miliar

Yahoo akan segera merampungkan proses akuisisi bisnis internetnya oleh Verizon Communications pada Maret 2017. Setelah itu, sisa aset bisnis yang dimiliki Yahoo bakal diberi nama baru, yakni Altaba.

Sebagai informasi, Yahoo telah sepakat menjual bisnis utamanya, meliputi mesin pencari, portal web, layanan e-mail, dan periklanan digital, kepada Verizon senilai US$4,83 miliar pada Juli tahun lalu. Namun, Yahoo masih memiliki aset bisnis lainnya berupa 15% saham di Alibaba Group dan 35,5% di Yahoo Jepang.

Perusahaan investasi yang mengelola aset bisnis peninggalan Yahoo inilah yang nantinya akan berganti nama menjadi Altaba, singkatan dari “alternative” dan “Alibaba”, seperti dikutip dari Wall Street Journal. Sedangkan nama dan merek Yahoo masih akan tetap ada dan dipegang oleh Verizon.

Marissa Mayer pun bakal mengundurkan diri dari posisinya di dewan direksi Yahoo/Altaba, bersama lima orang direktur lainnya. Tetapi, Mayer masih bersama Yahoo dan menjabat selaku CEO hingga akuisisi rampung. Setelah itu, ia dikabarkan akan bergabung dengan Verizon, meskipun belum jelas akan menjabat posisi apa.

Altaba sendiri akan dikomandani oleh Eric Brandt selaku chairman of the board atau ketua dewan direksi.

Proses akuisisi Yahoo oleh Verizon sempat dirundung masalah ketika Yahoo dua kali mengumumkan kasus pembobolan data oleh peretas asing yang berdampak terhadap 1 miliar penggunanya. Namun, sepertinya investigasi kasus itu masih berjalan dan belum memengaruhi perjanjian antara Verizon dan Yahoo.

Comments

comments