Berita Apa Fitur Paling Penting pada iPhone yang Steve Jobs Tidak Sadari?

Apa Fitur Paling Penting pada iPhone yang Steve Jobs Tidak Sadari?

Ilustrasi selfie dengan iPhone

Ilustrasi selfie dengan iPhone

Tanggal 9 Januari 2017 menandai saat-saat Steve Jobs (Mantan Pendiri dan CEO Apple) memperkenalkan iPhone kepada dunia pada sepuluh tahun yang lalu. Di atas panggung, sambutannya kala itu, Jobs menekankan pada tiga hal yaitu ikon ponsel, sebuah kompas (untuk mesin peramban Safari), dan sebuah iPod.

“Ada tiga hal [di dalam iPhone], yaitu iPod dengan layar lebar dan sentuh, sebuah ponsel yang revolusioner, dan perangkat canggih yang bisa berkomunikasi lewat internet,” kata Jobs.

Namun, apa yang Jobs tidak sadari dengan iPhone dan menjadi fitur paling penting hingga sekarang adalah kamera.

“Apple tidak sadar bahwa iPhone menjadi smartphone yang mengandalkan kamera dan kamera memengaruhi para pengguna iPhone,” kata Shawn DuBravac (Pengamat Ekonomi dari Consumer Technology Association) seperti dikutip Venture Beat.

Kamera iPhone 7 dan iPhone 7 Plus 5

Kamera iPhone 7 dan iPhone 7 Plus 5

Kala itu, iPhone edisi pertama memiliki kamera dengan resolusi 2 megapixel dan belum memberikan pengaruh yang besar. Mengingat saat itu, kebanyakan smartphone seperti Nokia dan BlackBerry juga memiliki kamera.

Namun, iPhone edisi pertama belum memiliki App Store yang baru hadir pada tahun 2008.

“Apa yang terjadi setelah itu sangat tidak bisa diprediksi. Jaringan telekomunikasi berkembang cepat, chip lebih cepat, hadirnya aplikasi-aplikasi, Wi-Fi, dan semua bersatu membuat smartphone dengan kamera yang menjadi fitur andalannya,” ujarnya.

Ketika Apple menghadirkan App Store, barulah iPhone memegang kendali dan mampu berbicara banyak. App Store membanjiri iPhone dengan berbagai aplikasi tentang kamera.

Kamera iPhone 7 dan iPhone 7 Plus 4

Kamera iPhone 7 dan iPhone 7 Plus 4

Pada tahun 2010, iPhone 4 hadir dengan kamera depan untuk pertama kalinya.

“Ketika ponsel dengan kamera depan hadir, kita masih bingung apa fungsinya. Tapi, kamera depan itu memberikan pengalaman baru kepada kita yaitu selfie,” ujarnya.

Ditambah lagi, Snapchat hadir pertama kali pada perangkat berbasis iOS pada 2011 dan Instagram juga hadir pertama kali pada iOS. Kedua jejaring sosial itu lebih memilih iOS dan baru hadir di versi Android setelahnya.

“Kini, pemasaran iPhone semuanya tentang kamera,” ucap DuBravac.