Berita Facebook, Sumber Berita Utama Orang Indonesia

Facebook, Sumber Berita Utama Orang Indonesia

Ilustrasi Facebook NewsFeed

Ilustrasi Facebook NewsFeed

Indonesia akan mengalami peningkatan konsumsi konten digital yang luar biasa pada 2017, menyusul meningkatnya penggunaan jaringan sosial dan jaringan selular yang akan menstimulasi konsumsi konten digital.

UC News, distributor konten UCWeb dari Alibaba Group, mengungkapkan konsumsi konten We-Media pada Desember 2016 meningkat 6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan September 2016.

Menurut observasi dan riset UC News, saat ini ada 7.000 reporter, jurnalis, dan editor yang bekerja di industri media Indonesia dan sekitar 3,8 persen dari total pengguna internet aktif di Indonesia adalah blogger.

Dengan pertumbuhan konsumsi konten digital di Indonesia, UC News memprediksi bahwa akan lebih banyak kreator konten profesional yang akan mengenalkan dirinya sebagai ‘We-Media’, sebutan bagi mereka yang menekuni dunia penerbit independen dan individu penyedia konten yang memberikan pengaruh. UC News juga memperkirakan akan banyak konsumen konten digital yang menyebut dirinya sebagai “prosumer”.

Jack Huang (President of Overseas Business, UCWeb, Alibaba Mobile Business Group) mengatakan jumlah pageview UC News meningkat 307 persen pada kuartal 4 lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya dan durasi membaca meningkat menjadi 260 persen pada periode yang sama.

“Tren konsumsi konten UC News di semester 2 tahun 2016 menunjukan potensi besar perkembangan We-Media. Industri konten digital di Indonesia mengarah kepada perbandingan pada pasar Tiongkok,” katanya.

Berikut laporan UC News:

  • Konsumen berita online sebagian besar berdomisili di Jakarta (55%), Jawa Timur (19%), dan Jawa Barat (11%). Hampir 40 dari 100 pengguna yang berselancar di internet sehari-hari membuka konten berita.
  • Celah pasokan konten terjadi pada kategori konten Hiburan, Olahraga, Teknologi, Kesehatan, dan Gaya Hidup, yang membuka kesempatan besar bagi We-Media untuk berkembang dengan konten yang mereka buat.
  • Konten hiburan (30%), olahraga (18%), dan sosial (19%) adalah kategori yang paling banyak dibaca pada konten media (tradisional) dan We-Media total top 10 pageview.
  • Internet telah menjadi media kedua yang paling sering digunakan (42,5% dari total populasi) dan waktu yang digunakan (rata-rata 354,2 menit per minggu) diikuti dengan TV (99,8% dari total populasi, rata-rata 1.782,5 menit setiap minggu) di Indonesia.
  • Sebanyak lebih dari 50 persen pengguna internet menggunakan media sosial sebagai sumber berita utama mereka di Indonesia.
  • Facebook adalah media sosial nomor satu untuk berbagi konten di Indonesia.

Kepercayaan pada media sosial terhadap perkembangan berita dan informasi telah menjadi revolusi penyebaran konten dan mendorong lebih banyak pembuat konten untuk membagikan karya mereka di media sosial, yang juga membantu pembuat konten independen untuk dapat dikenal.

Comments

comments