Berita Pengguna Makin Sedikit, Froyo Lenyap dari Chart Android Google

Pengguna Makin Sedikit, Froyo Lenyap dari Chart Android Google

Ilustrasi Android Froyo

Ilustrasi Android Froyo

Google selalu mengumumkan jumlah persebaran pengguna sistem operasi Android di seluruh dunia setiap tahunnya dan saat ini sistem operasi Android saat ini sudah memasuki produk ke-7 bernama Android 7.0 Nougat.

Menurut laporan Google, jumlah pengguna sistem operasi Android 2.2 Froyo atau Frozen Yoghurt semakin menipis. Bahkan jumlah penggunanya hanya mencapai angka 0,1 persen di seluruh dunia. Walhasil, Google pun tidak lagi memasukkan Android Froyo ke dalam diagram lingkarannya, mengingat jumlahnya yang sangat sedikit.

Google mengumpulkan data persebaran sistem operasi berdasarkan jumlah kunjungan pengguna dengan sistem operasi tersebut yang mampir ke Google Play Store.

Google meluncurkan Android 2.2 Froyo pada 20 Mei 2010 dan menjadi pembaruan sistem operasi Android ke-5 setelah kehadiran Eclair, Donut, Cupcake, dan Android 1.1.

Android Froyo sempat mendapatkan dua kali pembaruan pada 2010 dengan nama Android 2.2 dan Android 2.2.3. Pada Desember lalu, Froyo masih digunakan oleh 1 persen pengguna Android di seluruh dunia.

Lollipop Paling Populer

Menurut laporan tersebut, sistem operasi Android yang paling banyak digunakan adalah Lollipop yang meliputi Android 5.0 dan Android 5.1 dengan pangsa pasar 33,4 persen.

Kemudian menyusul Android Marshmallow (Android 6.0) dengan pangsa pasar 29,6 persen, Android 4.4 KitKat dengan pangsa pasar 22,6 persen, Android Jelly Bean dengan pangsa pasar 11,6 persen, dan Android Ice Cream Sandwich atau Android 4.0.3 dengan pangsa pasar 4.0.4 persen.

Kemudian, Android Gingerbread mencakup Android 2.3.3 untuk 2.3.7 dengan pangsa pasar 1 persen seperti dikutip Slashgear.

Bagaimana dengan Android Nougat? Penyebaran Android Nougat masih sangat kecil karena masih baru dan pangsa pasarnya baru 0,7 persen. Google menghadirkan Android Nougat pada 22 Agustus 2016.

Comments

comments