Berita Nokia 6 Punya Asisten Digital Bernama Viki

Nokia 6 Punya Asisten Digital Bernama Viki

HMD Global Luncurkan Nokia 6 di Tiongkok

HMD Global Luncurkan Nokia 6 di Tiongkok

Saat ini pabrikan smartphone semakin tertantang untuk meningkatkan kecerdasan smartphone-nya dan membenamkan asisten digital ke dalam smartphone-nya.

Sempat mati suri, Nokia pun tidak mau kalah dengan pabrikan smartphone lainnya dengan menanamkan fitur asisten digital bernama Viki pada Nokia 6. Viki memiliki fungsi yang sama dengan Google Assistant, Apple Siri, dan asisten virtual Samsung yang bernama Bixby.

Informasi Viki itu muncul setelah GSMInfo.nl menemukan Nokia mendaftarkan paten tentang peranti lunak yang memiliki fungsi seperti asisten digital dan dapat mengakses informasi di internet dengan tampilan ala software pengiriman pesan instan.

Software ini bekerja menggunakan pengetahuan dan mengombinasikan semua sumber data dalam sebuah tampilan antarmuka chat dan berbasis suara serta dapat membuat dan memantau situs web dan mobile,” tulis Nokia laporan pendaftaran paten seperti dikutip Digital Trends.

Untuk spesifikasi, Nokia 6 mengusung layar FHD 5,5 inci dengan lapisan kaca 2.5 D dan lapisan pelindung Gorilla Glass, prosesor Qualcomm Snapdragon 430 yang berisi CPU octa-core dan GPU Adreno 505, RAM 4 GB dan media penyimpanan internal 64 GB yang bisa diekspansi via micro SD.

HMD pun memasang fitur Quick Charge 3.0 yang mampu mengisi ulang daya baterai empat kali lebih cepat dari pengisian konvensional.

Untuk kamera, Nokia 6 mengusung kamera belakang 16 megapixel dengan aperture f/2.0 dan auto focus PDAF Laser. Di depan, ada kamera 8 megapixel yang mempunyai aperture f/2.0 untuk narsis dan video chatting.

Ilustrasi Nokia 6

Ilustrasi Nokia 6

Nokia pun mengklaim bahwa bodi Nokia 6 mengusung standar militer sehingga mampu bertahan di segala kondisi, termasuk kondisi ekstrim seperti kondisi dengan suhu udara tinggi atau rendah, kelembaban tinggi, dinginnya salju, dan air.

Menurut GizmoChina, Nokia 6 telah melalui berbagai uji coba seperti uji tekanan dengan beban setara 150 ekor sapi hingga 200 kali pengulangan serta uji temperatur pada suhu di atas 85 derajat serta -40 derajat bodi Nokia 6 tetap kuat.

Belum lagi saat diuji di udara dengan kelembaban 95-97 persen serta cuaca dingin hingga panas layaknya sauna, Nokia 6 juga tetap bertahan.

Rencananya, Nokia akan membanderol Nokia 6 senilai US$245 atau sekitar Rp3,2 juta.

Comments

comments