Berita Pecahkan Rekor, IBM Bukukan Lebih dari 8.000 Paten Sepanjang Tahun 2016

Pecahkan Rekor, IBM Bukukan Lebih dari 8.000 Paten Sepanjang Tahun 2016

IBM Cognitive

IBM memecahkan rekor yang mereka pegang sendiri dengan membukukan 8.088 paten di Amerika Serikat atas penemuan-penemuan yang diajukan sepanjang tahun 2016.

Inilah pertama kalinya sebuah perusahaan bisa memperoleh lebih dari 8.000 paten dalam satu tahun.

Pencapaian ini juga membuat IBM mempertahankan posisi pertama sebagai perusahaan terdepan dalam perolehan hak paten di AS selama 24 tahun berturut-turut. Di posisi kedua, Samsung menyusul dengan 5.518 hak paten. Posisi-posisi selanjutnya diisi Canon, Qualcomm, Google, Intel, LG Electronics, Microsoft, TSMC (Taiwan Semiconductor), dan Sony.

“Memimpin inovasi selama 24 tahun berturut-turut adalah hasil dari komitmen tak tertandingi IBM terhadap inovasi dan litbang (R&D). Kami sangat bangga atas kontribusi unik para penemu kami kepada dunia iptek yang mendorong perkembangan bisnis dan sosial serta membuka era baru cognitive business,” papar Ginni Rometty (CEO, IBM) seperti dilansir Venture Beat.

Hak paten IBM sepanjang tahun 2016.

Hak paten IBM sepanjang tahun 2016.

Dari 8.808 paten yang diraih IBM, sekitar 2.700 di antaranya adalah penemuan terkait kecerdasan buatan, cognitive computing, dan cloud computing.

Di area kecerdasan buatan dan cognitive computing, penemu IBM mematenkan lebih dari 1.000 penemuan yang membantu mesin untuk belajar, berargumen, dan memproses aneka jenis tipe data secara efisien sembari berinteraksi dengan manusia dalam cara yang alami. Paten-paten itu mencakup machine learning untuk menjawab pertanyaan dan merencanakan rute perjalanan terbaik.

Di bidang kesehatan, IBM menemukan cara memanfaatkan foto atau gambar untuk menentukan kondisi kesehatan jantung. Ada pula alat bantu dengar yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. IBM pun mematenkan drone yang bisa memetakan mikroba di rumah sakit, pabrik pengolahan makanan, dan lahan pertanian.

IBM juga mematenkan lebih dari 1.000 penemuan yang dapat membantu pengembangan cloud computing dan keamanan siber.

Setiap tahunnya, IBM mendedikasikan dana US$5,4 miliar untuk keperluan riset dan pengembangan. Mereka mempekerjakan lebih dari 8.500 penemu di 47 negara di seluruh dunia.