Berita Survei Burson-Marsteller: Elit Teknologi AS Masih Optimistis Terhadap Presiden Trump

Survei Burson-Marsteller: Elit Teknologi AS Masih Optimistis Terhadap Presiden Trump

Pertemuan Donald Trump dan para pemimpin perusahaan teknologi di AS.

Pertemuan Donald Trump dan para pemimpin perusahaan teknologi di AS.

Sebanyak 75% elit teknologi Amerika Serikat berpendapat bahwa masa depan industri teknologi AS akan menjadi lebih cerah atau lebih optimistis dibandingkan dengan 59% masyarakat umum yang berpendapat sebaliknya.

Sebesar 59% elit teknologi juga percaya bahwa pemerintahan Trump akan menguntungkan bagi industri teknologi, sedangkan hanya 50% masyarakat yang berpendapat serupa.

Kedua kesimpulan itu merupakan bagian dari hasil riset yang diselenggarakan firma komunikasi Burson-Marsteller dan firma riset Penn Schoen Berland (PSB) bertajuk “Burson-Marsteller Age of Trump Technology Survey”.

Optimisme elit teknologi terhadap kepemimpinan Donald Trump.

Optimisme elit teknologi terhadap kepemimpinan Donald Trump.

Sejalan dengan optimisme tersebut, 73% elit teknologi percaya industri teknologi akan mampu berkontribusi dalam membuka lapangan kerja, sementara hanya 63% masyarakat berpendapat demikian.

Saat para responden ditanya apa kata terbaik untuk menggambarkan perasaan mereka mengenai masa depan industri teknologi di bawah kepemimpinan Donald Trump, 37% dari elit teknologi menggunakan kata-kata yang positif (seperti ‘optimis’, ‘berenergi’, ‘mendukung’, dan ‘berhasrat’), 34% menggunakan kata-kata negatif (seperti ‘khawatir’, ‘cemas’, ‘marah’, dan ‘terserang’), dan 27% memilih kosa kata yang netral (seperti ‘menunggu dan melihat’, ‘netral’, dan ‘perasaan yang campur aduk’).

Mengenai dampak pemerintahan Trump terhadap masa depan industri teknologi, masyarakat memiliki perasaan yang bertentangan, 39% masyarakat jamak memilih menggunakan kosa kata netral, 33% memilih kosa kata yang positif, dan 27% memilih untuk menggunakan kosa kata negatif.

Selain itu, 80% elit teknologi mengatakan industri teknologi adalah industri terpenting bagi perekonomian Amerika Serikat. Walau 67% masyarakat awam juga melihat pentingnya industri teknologi, tetapi para responden lebih berpendapat bahwa industri kesehatan (75%) dan energi (73%) lebih penting daripada teknologi.

Terakhir, masyarakat berpendapat bahwa teknologi telah merusak lapangan kerja (37% vs. 27% elit teknologi) dan inovasi memiliki dampat negatif terhadap lapangan pekerjaan di Amerika Serikat (35% vs. 22%).

Optimisme elit teknologi terhadap kepemimpinan Donald Trump.

Optimisme elit teknologi terhadap kepemimpinan Donald Trump.

“Penelitian terbaru ini menunjukkan pandangan mengenai kepercayaan yang dimiliki oleh individual yang berkaitan erat dengan industri teknologi dibandingkan dengan masyarakat awam. Menariknya, temuan-temuan ini mengindikasikan optimisme industri teknologi akan arah dan prospek industri tersebut dalam empat tahun ke depan,” ujar Don Baer (Worlwide Chair dan CEO, Burson-Marsteller).

Peserta penelitian “Burson-Marsteller Age of Trump Technology Survey” terdiri dari 1.000 peserta dari kalangan masyarakat awam di Amerika Serikat serta 500 elit teknologi yang terdiri dari pekerja perusahaan-perusahaan teknologi atau perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di bidang tersebut.

 

 

 

Comments

comments