Berita Apple dan Carl Zeiss Buat Kacamata Pintar Augmented Reality

Apple dan Carl Zeiss Buat Kacamata Pintar Augmented Reality

Ilustrasi Kerjasama Apple dan Carl Zeiss

Ilustrasi Kerjasama Apple dan Carl Zeiss

Selain iPhone terbaru, Apple berencana membuat perangkat kacamata pintar Augmented Reality (AR). Apple pun menggandeng produsen lensa dan optik Jerman, Carl Zeiss AG, untuk menggarap kacamata pintar AR terbaru.

Nantinya, perangkat kacamata Apple dan Carl Zeiss itu akan menantang kacamata AR milik Snap Inc yaitu Spectacles, seperti dikutip thenextweb.

Informasi itu bocor pertama kali oleh staf perusahaan yang digandeng Apple. Kemudian, informasi itu diteruskan ke seorang blogger bernama Robert Scoble lewat halaman Facebook miliknya.

Scoble juga mengungkapkan produk kacamata pintar Apple itu akan datang lebih cepat. Bahkan, prototipe kacamata AR pertama Apple itu sudah jadi dan akan diumumkan di sekitar pertengahan tahun ini.

Kacamata AR besutan Apple dan Carl Zeiss itu akan terhubung secara nirkabel dengan perangkat iPhone dan memberikan informasi kepada pemakainya terkait ruang penglihatan pengguna kacamata.

Meskipun belum memamerkan produknya, Apple sangat antusias mengembangkan teknologi AR, bahkan Apple memiliki booth AR dalam ajang CES 2017. Lagipula, Apple harus menyodorkan teknologi AR lantaran minimnya inovasi yang hadir pada iPhone atau perangkat Apple lainnya.

Ilustrasi kacamata pintar Carl Zeiss

Ilustrasi kacamata pintar Carl Zeiss

Sebelumnya, Tim Cook (CEO, Apple) juga sempat mengutarakan ketertarikannya pada ranah Augmented Reality, dengan sering membanggakan kemampuan teknologi tersebut dan menyebut teknologi ini memiliki potensi nyata lebih besar dibandingkan dengan teknologi Virtual Reality.

Mengacu informasi Scoble, sejumlah pengamat yakin Apple sedang menciptakan produk baru para portofolio produknya, baik berupa aksesoris terlebih dahulu maupun langsung membenamkannya ke dalam perangkat tersebut.

Apple lebih dulu memilih bermain aman dengan menyediakan aksesori berbasis AR. Mirip seperti yang dilakukan Samsung beberapa tahun silam, ketika pertama kali memperkenalkan kacamata Gear VR.

Sementara itu, Ming-Chi Kuo (Analis KGI Securities) memprediksi Apple akan membutuhkan waktu selama dua tahun untuk dapat menghadirkan perangkat berbasis AR.