Fitur 6 Produk Teknologi Canggih yang “Tewas” Tahun Lalu

6 Produk Teknologi Canggih yang “Tewas” Tahun Lalu

Galaxy Note 7 Tanpa Logo Samsung di Jepang 2

Galaxy Note 7 Tanpa Logo Samsung di Jepang 2

Setiap tahunnya, ada kisah suka dan duka di industri teknologi. Kisah suka berkutat pada peluncuran gadget-gadget terbaru seperti kelahiran iPhone 7 dan Google Pixel.

Namun, ada juga kisah dukanya seperti “kematian” BlackBerry di bisnis hardware dan kasus recall Samsung Galaxy Note 7. Berikut adalah 6 produk teknologi yang “tewas” tahun lalu seperti dikutip CNNMoney:

Ilustrasi Kaset VCR

Ilustrasi Kaset VCR

1. VCR (video-cassette recorder)

Funai Electric mengumumkan penghentian produksi kaset video itu pada Juli lalu sekaligus menjadi pabrikan VCR terakhir di dunia. Rekornya, perusahaan asal Jepang dan berdiri tahun 1960 itu pernah menjual 15 juta keping VCR dalam setahun.

Penjualan VCR turun drastis ketika DVD, keping Blu-ray, dan terutama layanan streaming yang mengandalkan Internet muncul.

Ilustrasi Google Picasa

Ilustrasi Google Picasa

2. Picasa

Google secara resmi menutup layanan penyimpanan dan berbagi foto andalannya, Picasa pada Maret lalu, menyusul Google telah memperkenalkan layanan Google Photos. Pengguna sangat menyukai Picasa karena memudahkannya untuk menyunting dan menyimpan foto-foto digital.

Google membeli Picasa dari Lifescape pada Juli 2004.

Motorola RAZR

Motorola RAZR

3. Motorola

Lenovo menghapus nama Motorola dan menggantinya dengan merek Moto tahun lalu. Motorola adalah perusahaan yang pertama kali memperkenalkan walkie-talkie dan perintis telepon seluler di dunia.

Google pun membeli Motorola senilai 12,5 miliar dolar Amerika Serikat pada 2012 dan Google gagal menaikan penjualan dan pamor Motorola kala itu. Kemudian, Google menjual Motorola kepada Lenovo dengan nilai 2,9 miliar dolar AS.

Aplikasi video pendek Vine.

Aplikasi video pendek Vine.

4. Vine

Twitter menutup aplikasi video singkatnya, Vine pada Oktober lalu. Sebagai gantinya, Twitter mengumumkan Vine Camera, sebuah aplikasi yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk memotret, membuat video singkat, untuk diunggah langsung ke aplikasi Twitter. Twitter membeli Vine senilai 30 miliar dolar AS pada 2012.

blackberry-classic

5. Blackberry

Blackberry pun telah berhenti memproduksi smartphone tahun lalu dan fokus menggenjot pasar software. Perusahaan yang bermarkas di Kanada itu akan menyerahkan produksi smartphone-nya kepada pihak ketiga.

Samsung Galaxy Note 7 Meledak

Samsung Galaxy Note 7 Meledak

6. Samsung Galaxy Note 7

Sempat digadang-gadang sebagai salah satu smartphone paling keren dan canggih di dunia, nasib Samsung Galaxy Note 7 berakhir tragis. Kasus ledakan baterai Galaxy Note 7 yang masif membuat Samsung menghentikan produksi dan penjualan Samsung Galaxy Note 7 di dunia.

Akibat skandal itu, Samsung telah merugi sekitar 5 miliar dolar AS. Samsung pun berjanji akan menjelaskan penyebab masalah pada Galaxy Note 7 pada Desember tahun lalu.

Comments

comments