Fitur Menyimak Kembali Aksi Steve Jobs dalam Peluncuran iPhone Tahun 2007

Menyimak Kembali Aksi Steve Jobs dalam Peluncuran iPhone Tahun 2007

Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama di acara Macworld 2007.

Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama di acara Macworld 2007.

Sepuluh tahun yang lalu, Steve Jobs berdiri di atas panggung Macworld 2007 di Moscone West, San Francisco, AS. Ia mengutip kata-kata yang pernah diucapkan Wayne Gretzky, atlet hoki es legendaris asal Kanada. “Saya mengejar bola hoki ke arah bola itu akan pergi, bukan dari mana bola itu berasal,” tukasnya.

Kalimat itu menunjukkan bahwa Gretzky ialah atlet hoki es yang visioner, mampu membaca arah bola sehingga bisa sampai di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat.

Jobs memegang kalimat itu sebagai panduan langkahnya dalam menjalankan Apple, bahwa Apple harus mampu berinovasi dan bergerak lebih dulu ke arah pasar yang tepat, mendahului para pesaingnya.

Pada saat itu, Jobs sudah berada di penghujung presentasinya seusai memperkenalkan iPhone generasi pertama dan memaparkan keunggulan-keunggulannya dibandingkan smartphone lain yang ada di pasaran.

Beberapa menit sebelumnya, Jobs memperlihatkan sebuah slide yang menunjukkan besarnya pasar ponsel. Sebanyak hampir 1 miliar, tepatnya 957 juta unit, ponsel terjual pada tahun 2006 atau lebih dari empat kali lipat ketimbang angka penjualan komputer, pemutar MP3, kamera digital, dan konsol video game.

“Persentase 1 persen dari 1 miliar ponsel adalah 10 juta. Itulah target Apple untuk tahun 2008 dengan iPhone,” kata Jobs, sedikit merendah. “Kami akan memulainya dari situ,” imbuhnya.

Mungkin tidak ada yang mengira, dalam satu dekade selanjutnya, target sederhana itu bukan saja sukses terlampaui, melainkan lebih dari itu.

iPhone telah menjadi smartphone terpopuler di dunia dengan penjualan lebih dari 1 miliar unit. Sedangkan nama-nama yang ketika itu merajai pasar smartphone, sebut saja Nokia, BlackBerry, Motorola, dan Palm… Anda sudah tahu kan, bagaimana nasibnya sekarang?

10 Hal Menarik

Pada tahun 2007, sebagian dari kita masih duduk di bangku kuliah atau baru mulai bekerja. Belum ada fasilitas live video streaming, pembaruan berita pun masih terbilang tidak secepat sekarang. Jadi, mungkin kita, termasuk saya, belum pernah menonton aksi Steve Jobs saat memperkenalkan iPhone generasi pertama.

Beruntung ada YouTube, jadi kita bisa menyimak ulang presentasi lengkap Jobs kala itu. Simak pula transkrip pidatonya yang ditulis lewat live blog di situs Engadget ini.

steve-jobs-iphone-pertama-2007

Steve Jobs dan iPhone generasi pertama.

Berikut adalah 10 hal menarik yang terjadi dalam acara peluncuran iPhone perdana, terlebih jika dibandingkan dengan iPhone dan teknologi smartphone masa kini secara umum.

  1. iPhone diperkenalkan Apple dalam konferensi Macworld 2007, bersamaan dengan peluncuran Apple TV.
  2. iPhone generasi pertama hadir dengan tiga fungsi utama: pemutar musik (seperti iPod), alat komunikasi, dan alat mengakses internet secara mobile. Semua fungsi itu langsung tertanam di dalam iPhone. Saat itu, Apple belum membuka akses iPhone untuk pengembang aplikasi dan belum ada App Store.
  3. Satu-satunya cara untuk mengelola pustaka musik dan daftar kontak iPhone generasi pertama adalah lewat iTunes dengan cara menghubungkannya ke komputer atau iPod dock.
  4. Steve Jobs membandingkan iPhone dengan empat smartphone populer di pasaran masa itu, yakni Moto Q, BlackBerry, Palm Treo, dan Nokia E62. iPhone unik karena tidak mengusung keyboard fisik, tetapi benar-benar mengandalkan layar sentuh.
  5. Alih-alih dengan stylus, operasional layar sentuh iPhone bisa dilakukan dengan jari tangan. Ini yang membedakan iPhone dengan ponsel layar sentuh era sebelumnya, seperti PDA (Personal Digital Assistant). “Siapa yang mau memakai stylus? Yuck..” kata Jobs seakan merendahkan fungsi stylus.
  6. Dalam presentasinya, Jobs tidak menyebutkan secara jelas tentang sistem operasi iPhone. Ia hanya berkata bahwa iPhone berjalan di atas OS X. Pada kenyataannya, OS X yang digunakan di dalam iPhone adalah versi modifikasi, belakangan dikenal dengan iOS.
  7. Spesifikasi iPhone generasi pertama: layar 3,5 inci, chip Samsung S5L8900, RAM 128 MB, ROM 4/8 GB, kamera 2 MP, jaringan GSM/EDGE, dengan ketebalan 11,6 mm. Sudah cukup inovatif di masa itu. Namun, tentu saja dalam sepuluh tahun, segala teknologi itu sudah usang dan iPhone jauh berkembang.
  8. iPhone generasi pertama juga menandai masa-masa persahabatan yang masih dijalin Apple dengan sejumlah perusahaan teknologi. iPhone itu diotaki prosesor buatan Samsung serta menanamkan aplikasi Google Maps untuk peta dan Yahoo Mail untuk e-mail. Sekarang, mereka saling berseteru.
  9. Masih terkait poin nomor 8, dalam acara peluncuran itu, Eric Schmidt (CEO Google waktu itu) dan Jerry Yang (Co-Founder dan CEO Yahoo waktu itu) diundang untuk berbicara di atas panggung. Sekarang, sepertinya sulit untuk membayangkan Tim Cook berdiri satu panggung dengan Larry Page dan Marissa Mayer. Ah, kecuali kalau Donald Trump yang mengundang.
  10. Pengumuman terakhir yang Steve Jobs sampaikan di acara itu adalah perubahan nama perusahaan Apple Computer Inc. menjadi Apple Inc, mengingat Apple bukan hanya membuat komputer Mac, melainkan juga iPod, Apple TV, dan iPhone.

Video lengkap perkenalan iPhone generasi pertama oleh Steve Jobs: