Berita Mirip LinkedIn, Kini Facebook Punya Fitur Pencari Kerja

Mirip LinkedIn, Kini Facebook Punya Fitur Pencari Kerja

Ilustrasi Fitur Pencari Kerja di Facebook

Selain media sosial, kini Facebook juga merangkap jadi situs karir untuk mencari dan memasang lowongan pekerjaan. Kini perusahaan sudah bisa mengandalkan Facebook untuk memasukkan lowongan perkerjaan di halaman resmi mereka.

Pembaruan itu memungkinkan pengguna untuk menemukan dan melamar pekerjaan langsung di Facebook. Kemudian, informasi lowongan pekerjaan akan dipublikasikan ke halaman perusahaan dan muncul di News Feed dari pengikut mereka.

“Halaman admin dapat mempublikasikan lowongan pekerjaan dalam hitungan menit,” tulis Facebook seperti dikutip CNBC.

Selain itu, perusahaan atau si pemasang iklan harus menyertakan foto, jabatan, lokasi, jenis pekerjaan (penuh waktu atau paruh waktu) dan penjelasan bersama dengan info opsional seperti ringkasan dan gaji.

Perusahaan juga akan memiliki opsi untuk meningkatkan pencarian dengan membayar premi. Nantinya, perusahaan bisa mendapatkan audiens dengan jumlah yang lebih besar.

Sementara itu, pengguna Facebook juga dapat mencari pekerjaan yang cocok dengan kriteria Anda berkat fitur filter pekerjaan. Anda juga dapat mencari pekerjaan secara manual dengan mengunjungi halaman perusahaan dan mengklik tab pekerjaan yang terletak di samping bagian lain seperti “rumah,” “posting,” dan “foto.”

Untuk mendaftarkannya, Anda bisa memilih tombol “mendaftar sekarang”. Kemudian, Anda bisa membuka aplikasi formulir yang harus diisi dengan info yang tersedia di profil Anda (seperti nama, kota, email).

Kemudian, Anda bisa mengirimkan aplikasi melalui Messenger. Pada halaman admin, Anda dapat meninjau informasi dan pesan untuk mengetahui soal status aplikasi Anda.

Karena itu, pengguna Facebook yang ingin mencari pekerjaan di Facebook untuk memperbarui profil pribadi mereka agar terlihat lebih profesional dan meng-upload lebih banyak foto, informasi pendidikan dan pengalaman kerja.