Berita “Populasi” BlackBerry 10 Hampir Punah

“Populasi” BlackBerry 10 Hampir Punah

BlackBerry meluncurkan smartphone flagship BlackBerry Z10 yang berbasis sistem operasi BlackBerry 10 pada 2013. Kala itu, BlackBerry Z10 merupakan amunisi BlackBerry untuk mengalahkan smartphone berbasis Android dan Apple iPhone.

Sayangnya, smartphone berbasis BlackBerry 10 tidak berdaya dan terus terpuruk melawan smartphone berbasis Android dan Apple iPhone seperti dikutip Engadget.

Kini, perusahaan riset Gartner melaporkan bahwa BlackBerry 10 hampir lenyap dari pasaran smartphone dunia. Bahkan, pangsa pasar BlackBerry 10 terus menyusut hingga 0,0481 persen pada kuartal terakhir 2016.

Berbanding terbalik dengan pangsa pasar smartphone berbasis Android yang mencapai 81,7 persen dan iOS berada urutan kedua dengan pangsa pasar 17,9 persen. Pangsa pasar Windows Phone besutan Microsoft pun juga terus menyusut hingga tinggal 0,3 persen pada akhir tahun lalu.

Pada kuartal akhir 2016, perangkat BlackBerry 10 yang terjual secara global hanya 207.900 unit, terus turun dibandingkan kuartal sebelumnya yang tercatat 377.800 unit dengan pangsa pasar 0,1 persen.

Namun, BlackBerry masih mendukung konsumen BlacBerry 10, khususnya pengguna di sektor enterprise. BlackBerry sudah “sadar” dan beralih ke sistem operasi Android yang memiliki pangsa pasar besar.

Mantan raja smartphone asal Kanada itu sedang bersiap meluncurkan smartphone “Mercury” yang berbasis Android dalam ajang Mobile World Congress, Barcelona, Spanyol.

Mampukah, BlackBerry “Mercury” meningkatkan penjualan BlackBerry?. Kita tunggu saja!.