Berita Masih Pakai Smartphone Android, Donald Trump Dikecam

Masih Pakai Smartphone Android, Donald Trump Dikecam

Ilustrasi Trump dengan Ponsel Android

Claire McCaskill dan Tom Carper (Senator Partai Demokrat) mempertanyakan keamanan smartphone Donald Trump (Presiden Amerika Serikat), menyusul Trump menggunakan smartphone berbasis Android yang sudah usang.

Kedua senator yang tergabung dalam Homeland Security Committee pun telah mengirimkan surat kepada Jim Mattis (Menteri Pertahanan AS) untuk mempertanyakan keamanan smartphone presiden AS tersebut.

“Sangat penting bagi presiden untuk bisa berkomunikasi dan sangat penting untuk mengutamakan keamanan. Peretas kerap mengincar smartphone untuk mencuri data sensitif dan informasi pribadi penggunanya,” katanya seperti dikutip The Verge, Kamis.

“Keamanan yang rentan sangat identik dengan smartphone yang tidak aman. Smartphone yang tidak aman membuat hacker mencari celah untuk merekam audio dan kamera serta mengetahui lokasi,” ujar senator.

“Kerentanan ini menjadi alasan kenapa agen NSA menggunakan perangkat pribadi,” ucapnya.

Hacker pun memiliki banyak modus untuk mengakses pesan, microphones dan kamera smartphone yang tidak aman dan memungkinkan pihak ketiga mendapatkan semua informasi.  Para hacker pun bisa menggunakan metode yang sama untuk mendapatkan informasi dari smartphone milik presiden.

Kedua senator itu meminta Mattis untuk menjawab permasalahan tersebut hingga 9 Maret.

Belum jelas, Apakah Trump akan beralih dari smartphone Android seperti Barack Obama (Mantan Presiden AS) yang menggunakan BlackBerry. Namun, seaman-amannya smartphone, tidak akan menghalangi presiden untuk men-tweet di Twitter.