Uji Produk Notebook Acer E5-473G-529X: Desain Unik, Kinerja Apik

Acer E5-473G-529X: Desain Unik, Kinerja Apik

E5-473G-529X merupakan salah satu varian notebook Acer yang menyasar segmen kelas menengah. Mirip dengan notebook seri E5 lainnya, notebook ini menggunakan cover dengan material berbahan plastik bertekstur tekstil yang memberi kesan berbeda.

Notebook ini dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i5-4210U yang merupakan generasi ke empat dengan codename Haswell. Prosesor seri U memang jamak digunakan oleh notebook yang menawarkan kinerja tinggi, namun tetap menggunakan daya yang relatif irit. Prosesor ini memiliki grafis bawaan Intel HD Graphics 4400. Selain itu, Acer menyematkan pula chip grafis tambahan dari NVIDIA yaitu GeForce 920M. Chip grafis ini memang merupakan chip kelas entry-level, namun tetap memiliki kinerja di atas Intel HD Graphics 4400.

Acer E5-473G-529X menggunakan ukuran layar yang lumayan besar yaitu 14 inci. Meski demikian, resolusinya “hanya” mencapai 1.366 x 768 pixel. Meski menggunakan IPS, layarnya memiliki sudut pandang yang kurang luas, terutama saat melihat tampilan layar dari samping serta atas. Sementara pada tampilan dari sudut pandang lurus, layar terlihat tajam. Hal ini sebenarnya cukup wajar mengingat ia bukan diperuntukkan bagi kebutuhan multimedia murni.

Untuk konektivitas, pada sisi kiri terdapat port D-Sub, LAN, HDMI, dan dua port USB 3.0. Di ujungnya terdapat kisi-kisi untuk pembuangan udara panas. Bagi yang masih butuh untuk membaca kartu memori, pada sisi depan bagian bawah disertakan card reader yang mendukung jenis kartu Secure Digital (SD). Khusus untuk port USB 3.0, ia telah mendukung fitur USB charging yang bisa melakukan pengisian baterai smartphone meski notebook dalam kondisi idle atau mati. Di sisi kanan disertakan perangkat optical drive berupa DVD-Writer dengan kecepatan baca dan tulis maksimal delapan kali.

Notebook ini menunjukkan kinerja yang baik berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan. Aplikasi uji yang digunakan berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan. Sebagai pembanding, kinerjanya pada sebagain pengujian terpaut sedikit dengan Lenovo Ideapad 700 yang menggunakan spesifikasi lebih baru dan lebih tinggi (lihat tabel).

Tidak hanya itu, karena menggunakan chip grafis tambahan NVIDIA GeForce 920M, kami juga coba menguji kemampuannya dalam menjalankan aplikasi berbasis grafis yang diwakili beberapa game. Chip grafis ini merupakan chip entry-level, namun dengan teknologi yang ada masih mampu menjalankan beberapa game terkini, meski dengan pengaturan resolusi yang disesuaikan. Hasilnya, ia masih mampu menjalankan Battlefield 4 dengan frame rate di kisaran 24 sampai 55 fps pada pilihan resolusi medium. Hasil yang terbilang lumayan untuk sebuah chip grafis entry-level.

Sedangkan daya tahan baterainya terbilang biasa dan tidak istimewa. Berbekal empat sel Lithium ion, notebook ini sanggup bertahan sekitar 3 jam 30 menit pada pengujian menggunakan aplikasi PCMark 8 – Home Accelerated yang mensimulasikan aktivitas umum sehari-hari.

Tombol Power
Tidak terdapat tombol tambahan (shortcut) maupun numerik sehingga membuat ukurannya lebih ringkas. Menariknya, tombol Power digabung dengan tombol keyboard, seolah-olah menjadi bagian dari keyboard.

Desain Unik
Tidak hanya bagian luar, bagian dalam pun menggunakan lapisan bertekstur yang memberikan tampilan berbeda.

Optical Drive
Selain menempatkan port USB 2.0, audio, dan adapter, di sisi kanan terdapat perangkat optical drive berupa DVD-Writer yang bisa dibilang sudah agak jarang digunakan pada notebook terkini.

Desain Unibody
Dengan desain unibody, seluruh permukaan menyatu sehingga pengguna tidak bisa sembarangan jika ingin mengganti baterai atau melakukan upgrade RAM.

Chip Grafis
Untuk aplikasi yang tidak butuh kinerja grafis tinggi, Intel HD Graphics akan mengambil alih. Sementara, untuk aplikasi yang butuh kinerja grafis lebih tinggi, GeForce 920M yang akan bekerja.

Hasil uji

Jika dibandingkan dengan Lenovo Ideapad 700 yang menggunakan prosesor generasi baru serta chip grafis NVIDIA yang sedikit lebih tinggi, selisih kinerjanya pada sebagian pengujian tidak terlihat signifikan. Hal ini menandakan spesifikasi yang digunakan Acer E5 masih mampu menjalankan aplikasi terkini dengan baik.

PLUS: Desain menarik, mampu menjalankan game terkini, ada fitur power-off USB charging, keluaran speaker nyaring.

Minus: Touchpad kurang nyaman, viewing angle layar kurang luas.

Comments

comments