Uji Produk Periferal Adata XPG SX930 240 GB: SSD MLC Berkinerja Baik

Adata XPG SX930 240 GB: SSD MLC Berkinerja Baik

Sebagai sebuah perusahaan yang berfokus pada produk-produk berbasis flash memory seperti RAM dan media penyimpanan, Adata memiliki lini produk yang lengkap. Untuk media penyimpanan SSD, Adata memiliki beberapa lini produk berdasarkan kebutuhan pasar.

SSD Adata XPG SX930 hadir sebagai varian tertinggi di lini produk SSD Adata yang tersedia saat ini. Seri XPG sebenarnya ditujukan untuk para gamer yang membutuhkan kecepatan tinggi. Namun, SSD ini juga cocok untuk pengguna umum seperti pengguna notebook yang ingin mengganti hard disk mekanik konvensional dengan SSD. Tujuannya, mendapatkan kecepatan baca tulis yang lebih tinggi serta lebih tahan terhadap guncangan saat harus digunakan di perjalanan.

Adata XPG SX930 yang kami uji kali ini memiliki kapasitas sebesar 240 GB. Selain itu, SSD ini juga tersedia dalam dua pilihan kapasitas lain seperti 120 GB dan 480 GB. SSD ini memiliki ketebalan sebesar tujuh milimeter sehingga membuatnya bisa digunakan pada sebagian besar notebook dan ultrabook yang beredar di pasaran saat ini. Jika notebook Anda menggunakan drive dengan ketebalan 9,5 mm, Adata juga telah menyediakan semacam adaptor tambahan untuk membuatnya lebih pas saat terpasang.

SSD yang beredar di pasaran saat ini umumnya telah menggunakan chip NAND TLC dengan harga lebih terjangkau. Namun, Adata XPG SX930 ini masih menggunakan teknologi MLC yang dinilai memiliki kinerja dan daya tahan yang lebih baik dibandingkan MLC. Chip MLC yang digunakan berasal dari Micron, begitu juga dengan controller-nya.

Dari sisi kinerja, Adata XPG SX930 ini diklaim mampu menghasilkan kecepatan baca hingga sekitar 560 megabyte per detik, dan kecepatan tulis hingga 460 megabyte per detik. Saat kami coba secara langsung, kecepatan baca tulisnya juga ternyata mampu mendekati klaim tersebut, yaitu dengan kecepatan baca sekitar 526 megabyte per detik, dan kecepatan tulis sebesar 454 megabyte per detik. Saat menangani beragam file dengan berbagai ukuran, SSD ini juga mampu menunjukan kinerja yang terbilang konsisten tanpa adanya penurunan kecepatan secara signifikan.

Untuk membantu Anda dalam memantau kondisi SSD ini, Adata menyediakan aplikasi SSD ToolBox. Aplikasi ini menyediakan beragam informasi mulai dari tipe SSD, kondisi SSD, serta beberapa opsi optimalisasi SSD. Anda pun bisa melihat kondisi kesehatan SSD ini beserta jumlah total penulisan yang pernah Anda lakukan sejak pertama kali menggunakan produk ini. Namun sayangnya, Adata tidak merinci rating batas penulisan (TBW – Total Bytes Written) pada SSD ini. Pada aplikasi SSD ToolBox, Adata hanya menunjukkan kondisi kesehatan XPG SX930 ini menggunakan indikator persentase.

Adata XPG SX930 menggunakan chip NAND MLC yang diklaim lebih tahan lama jika dibandingkan dengan TLC.

 

Adata menyediakan aplikasi SSD ToolBox untuk memantau kondisi SSD ini.

Hasil uji

Plus: Kinerja cepat, paket lengkap.

Minus: Informasi pada SSD Toolbox kurang detil.