Uji Produk Periferal Transcend SSD370S 256 GB: Hadirkan Kinerja dan Fitur yang Baik

Transcend SSD370S 256 GB: Hadirkan Kinerja dan Fitur yang Baik

Mengganti hard disk konvensional Anda dengan SSD bisa memberikan beragam manfaat, mulai dari kinerja yang jauh lebih cepat, hingga konsumsi daya yang lebih hemat. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mengganti hard disk pada komputer desktop atau notebook Anda menjadi SSD, Transcend menawarkan salah satu lininya yaitu SSD370S.

SSD Transcend SSD370S ini memiliki ukuran yang ramping serta bobot yang ringan. Dengan ukuran ketebalan sekitar tujuh milimeter, SSD ini bisa digunakan oleh sebagian notebook yang saat ini tersedia di pasaran. Jika Anda ingin menggunakan dalam komputer desktop pun, Transcend juga menyediakan bracket tambahan yang membuatnya bisa dipasang ke dalam selot 3,5 inci.

Unit Transcend SSD370S yang kami terima memiliki kapasitas sebesar 256 GB yang menurut kami sudah cukup memadai untuk menampung sistem operasi serta beberapa aplikasi termasuk juga data-data Anda. Namun jika Anda membutuhkan kapasitas lain, Transcend SSD370S ini tersedia dalam banyak pilihan kapasitas, mulai dari 32 GB hingga 1 TB.

Di dalam SSD ini, Transcend menggunakan chip NAND MLC dari Micron. Chip NAND tersebut kemudian dikombinasikan dengan controller dari Transcend, yaitu TS6500. SSD ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti dukungan terhadap DevSleep yang membuat konsumsi dayanya menjadi sangat hemat saat komputer berada dalam mode sleep, serta responsif saat kembali dihidupkan. Transcend mengklaim SSD370S ini mampu memberikan kecepatan baca mencapai 520 megabyte per detik, dan kecepatan tulis mencapai 460 megabyte per detik.

Saat kami gunakan, Transcend SSD370S ini memang mampu menghasilkan kinerja yang baik. Kami mendapatkan kecepatan baca di rentang 450 hingga 540 megabyte per detik, dan kecepatan tulis 470 hingga 480 megabyte per detik. Kinerjanya juga terbilang konsisten saat menangani baca tulis file baik dengan ukuran besar maupun kecil.

Transcend juga menyediakan aplikasi Transcend SSD Scope untuk memantau kondisi SSD ini. Tak hanya memantau, aplikasi ini juga menyediakan beberapa fungsi lain seperti scan, clone, dan firmware update. Indikator umur pemakaian pada aplikasi ini menggunakan persentase. Namun Transcend menyatakan bahwa SSD370S varian 256 GB memiliki TBW sebesar 280 TB.

Aplikasi Transcend SSD Scope ini menghadirkan fitur yang cukup lengkap.

 

Kinerja transfer data SSD370S ini terbilang cepat.

Hasil uji

Plus: Kinerja cepat, paket lengkap, aplikasi lengkap

Minus:

Spesifikasi