Uji Produk Periferal Western Digital Gold 8 TB: Teknologi Helium untuk Data Center

Western Digital Gold 8 TB: Teknologi Helium untuk Data Center

Akuisisi Western Digital (WD) terhadap Hitachi Global Storage Technologies (HGST) beberapa waktu yang lalu membuat Western Digital juga memiliki akses terhadap teknologi yang diterapkan pada hard disk keluaran HGST. Sebelumnya, HGST pernah merilis hard disk dengan teknologi HelioSeal yang memanfaatkan gas helium untuk mencapai kapasitas yang lebih besar. Kali ini, Western Digital menghadirkan teknologi serupa pada lini hard disk terbarunya, yaitu Western Digital Gold.

Varian Gold merupakan varian baru yang diluncurkan Western Digital untuk melengkapi varian lainnya seperti Blue, Black, Red, dan Purple yang memiliki kegunaannya masing-masing. Varian Gold ini dihadirkan khusus untuk ditujukan pada pasar enterprise. Ya, Western Digital Gold merupakan varian hard disk yang ditujukan untuk penggunaan di lingkungan datacenter yang selama ini diisi oleh varian Re. Hal ini juga ditegaskan pada labelnya yang bertuliskan Datacenter Hard Drive.

Teknologi gas helium yang digunakan pada hard disk ini membuat kapasitasnya mampu mencapai 8 TB. Jika Anda membutuhkan kapasitas yang lebih kecil, Western Digital Gold ini juga tersedia dalam varian 4 TB dan 6 TB. Namun varian dengan kapasitas lebih kecil tersebut masih menggunakan teknologi konvensional.

Tak hanya membuat kapasitasnya menjadi lebih besar, penggunaan helium juga diklaim dapat menurunkan konsumsi daya pada Western Digital Gold ini. Penghematan daya pada hard disk tentunya akan memberikan manfaat yang cukup signifikan pada lingkungan datacenter yang umumnya menggunakan hard disk dalam jumlah yang banyak.

Untuk menjamin daya tahannya saat digunakan di lingkungan datacenter, Western Digital Gold diklaim memiliki MTBF yang mencapai 2,5 juta jam. Selain itu, firmware-nya juga telah dioptimalkan untuk penggunaan pada datacenter serta dilengkapi dengan teknologi Rotary Acceleration Feed Forward (RAFF) yang telah ditingkatkan untuk memantau tingkat getaran secara real-time untuk menjaganya pada ambang batas normal.

Dibandingkan dengan varian hard disk Western Digital lainnya, Western Digital Gold ini memiliki kinerja yang sangat baik, bahkan menjadi yang tercepat dengan kecepatan rata-rata di atas 200 megabyte per detik. Kinerjanya tentu sangat memadai untuk digunakan di lingkungan datacenter. Selama penggunaan, hard disk ini juga terbilang hening dan tak mengeluarkan panas berlebih.

Kinerjanya terbilang cepat dan memadai untuk kebutuhan di datacenter.

 

Penggunaan helium juga membuat hard disk ini mempunyai konsumsi daya yang lebih hemat.

Plus: Kapasitas besar, kinerja bagus, hemat daya

Minus: Harga tinggi