Berita Hebat! Indonesia Masuk 10 Besar Negara dengan Programmer Perempuan Paling Banyak

Hebat! Indonesia Masuk 10 Besar Negara dengan Programmer Perempuan Paling Banyak

Ilustrasi programmer perempuan dan anak-anak.

Sekarang ini, jumlah perempuan yang bekerja di bidang TI terus bertambah. Dunia teknologi informasi pun tak lagi identik dengan kaum laki-laki, khususnya pada keahlian programming. Tetapi, di mana kita bisa menemukan programmer perempuan paling banyak?

[BACA: Perempuan Mulai Mendominasi Lapangan Kerja TI di Indonesia]

HackerRank, situs penyedia tantangan coding bagi programmer global, baru-baru ini merilis laporan mengenai proporsi programmer perempuan di negara-negara seluruh dunia. Laporan ini didasarkan pada hasil analisis terhadap basis data sekitar 2 juta pengguna HackerRank.

Hasilnya, India menempati posisi pertama di dalam daftar negara yang memiliki proporsi programmer perempuan paling banyak dengan angka 22,9% dibandingkan programmer laki-laki. Posisi selanjutnya diisi oleh Uni Emirat Arab, Romania, Tiongkok, Srilanka, dan Italia. Hebatnya, Indonesia berhasil masuk di posisi ke-10 dengan proporsi sebesar 15%.

Daftar negara dengan proporsi programmer perempuan paling banyak di dunia versi HackerRank tahun 2017.

“Sungguh menarik bahwa Asia dan Eropa Timur banyak diwakili [dalam daftar ini]. Satu-satunya negara asal Eropa Barat yang masuk 10 besar hanya Italia. Dan Amerika Serikat [hanya] berada di posisi ke-11,” kata HackerRank dalam blog resminya.

Melihat daftar tersebut, HackerRank masih belum bisa menentukan, apakah daftar ini cukup menunjukkan negara-negara teratas dalam investasinya pada pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) atau hanya mencerminkan perbedaan norma budaya terkait peran perempuan dalam teknologi di negara-negara tersebut.

Selain daftar negara dengan programmer perempuan terbanyak, HackerRank juga menerbitkan daftar negara dengan programmer perempuan paling pintar, dilihat dari rata-rata skor tertinggi dalam tantangan algoritma. Tantangan ini meliputi data sorting, dynamic programming, pencarian kata kunci, dan tugas berbasis logika lainnya.

Pada daftar ini, programmer perempuan asal Rusia berada di puncak dengan skor rata-rata 244,7, diikuti Italia, Polandia, Tiongkok, Perancis, Romania, Jerman, Singapura, dan India. Sayangnya, Indonesia gagal menempati posisi 20 besar dalam daftar tersebut.

Daftar negara dengan proporsi programmer perempuan paling pintar di dunia versi HackerRank tahun 2017.

“Sebuah kebetulan bahwa programmer Rusia mencetak skor tertinggi di bidang ini, mengingat Rusia sedang tumbuh sebagai kekuatan siber baru. Negara ini memahami kehebatan perangkat lunak dan cara berkompetisi di era digital,” HackerRank berkomentar.

Leave a Reply

Komentari artikel ini

Notifikasi tentang
avatar
wpDiscuz