Berita Red Hat OpenStack Platform 10, Solusi IaaS Fleksibel yang Hadir dengan Masa...

Red Hat OpenStack Platform 10, Solusi IaaS Fleksibel yang Hadir dengan Masa Hidup 5 Tahun

Red Hat mengumumkan tersedianya Red Hat OpenStack Platform 10 sebagai solusi Infrastructure-as-a-Service (IaaS) yang sangat scalable dan agile (lincah).

Berbasis rilis open source project OpenStack “Newton”, Red Hat OpenStack Platform 10 menghadirkan fitur-fitur baru yang meningkatkan skalabilitas keseluruhan sistem, memudahkan manajemen infrastruktur, dan meningkatkan orkestrasi sistem (persiapan, koordinasi, dan pengelolaan otomatis), sembari meningkatkan kinerja jaringan dan keamanan platform. Selain itu, Red Hat OpenStack Platform 10 juga hadir dengan siklus hidup (lifecycle) lebih panjang dengan opsi hingga 5 tahun.

Menurut Radhesh Balakrishnan (General Manager, Openstack, Red Hat), Red Hat OpenStack Platform 10 mendukung kesiapan enterprise terhadap OpenStack dengan memberikan landasan yang stabil, andal, dan terbuka bagi penerapan cloud, menghadirkan inovasi baru, sekaligus menegaskan komitmen Red Hat akan stabilitas enterprise melalui model dukungan “Long Life”.

Red Hat OpenStack Platform 10 menghadirkan platform cloud andal yang dibangun atas backbone berskala enterprise dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) yang telah teruji.

Terintegrasi dengan kode komunitas OpenStack yang mumpuni dari Red Hat, Red Hat OpenStack Platform menyediakan faktor agile (lincah) dalam skalabilitas dan responsif dalam memenuhi permintaan pelanggan tanpa mengurangi ketersediaan, kinerja, atau kebutuhan keamanan TI.

Red Hat OpenStack Platform 10.

Termuat juga dalam Red Hat OpenStack Platform adalah Red Hat CloudForms sebagai platform manajemen dan pemantauan cloud hybrid yang tidak hanya mengawasi komponen infrastruktur OpenStack, tapi juga beban kerja (workload) aktif pada cloud OpenStack yang ada.

Selain itu, kapasitas penyimpanan sebesar 64 TB juga tersedia melalui Red Hat Ceph Storage, memungkinkan para penggunanya lebih baik dalam mengevaluasi properti-properti solusi penyimpanan terkemuka Ceph yang fleksibel dan sangat scalable untuk lingkungan OpenStack.

Berbagai peningkatan dan update yang dihadirkan Red Hat OpenStack Platform 10 terbaru ini mencakup:

  • Penyederhanaan pengalaman (user experience) pengguna melalui antarmuka yang lebih intuitif. Dirancang untuk penggunaan produksi, GUI director Red Hat OpenStack Platform menyediakan beberapa fungsi terpadu baru, seperti upgrade dan update otomatis (termasuk Ceph), konfigurasi jaringan canggih, ketersediaan tinggi, dan pilihan untuk memakai file sharing melalui layanan Manila, yang menggunakan driver yang terintegrasi dari NetApp dan Red Hat Ceph Storage.
  • Peningkatan fleksibilitas untuk skalabilitas yang lebih besar melalui pengenalan layanan dan peran administrasi yang dapat disesuaikan dengan menggunakan director pada Red Hat OpenStack Platform. Operator-operator cloud kini bisa mengontrol lingkungan OpenStack secara lebih rinci dengan menyesuaikan layanan OpenStack guna menjalankan dan mengukur masing-masingnya secara independen. Kemampuan ini menghadirkan fleksibilitas lebih besar saat menerapkan berbagai layanan yang sesuai berbagai kebutuhan beban kerja yang unik dari setiap perusahaan.
  • Jaminan data yang lebih besar melalui peningkatan-peningkatan baru seputar keamanan, seperti peningkatan ketersediaan tinggi (high availability/HA) untuk penyebaran skala besar. Selain itu, enkripsi penyimpanan objek (object storage encryption) opsional dan token-token sekuriti temporer juga meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko pengaksesan data akibat pencurian.
  • Peningkatan kinerja bagi beban kerja yang intensif melalui komponen Data Plane Developer Kit (DPDK) baru dari Open Switch, dan single-root input/output virtualization (SR-IOV), sehingga menghasilkan performa jaringan yang tidak kalah dari performa bare metal. Selain itu, jaringan routing kini lebih fleksibel dan cepat sehingga memungkinkan para pelanggan dapat memilih antara routing terpusat atau routing terdistribusi (DVR).
  • Program sertifikasi hardware ‘ready-state’ baru yang didasarkan pada OpenStack Ironic. Meski Red Hat telah mendukung hardware plug-in bersertifikat untuk beberapa komponen OpenStack, program baru ini dirancang untuk memperluas ekosistem pilihan hardware untuk konfigurasi bare-metal otomatis. Dell EMC merupakan mitra pertama Red Hat yang akan disertifikasi untuk Red Hat OpenStack Platform 10 ready-state, yanag akan diikuti pula oleh beberapa mitra lainnya.

Leave a Reply

Komentari artikel ini

Notifikasi tentang
avatar
wpDiscuz