CTI Summit 2017 Inilah Tiga CIO Terbaik di Indonesia yang Sabet Gelar iCIO Awards 2017

Inilah Tiga CIO Terbaik di Indonesia yang Sabet Gelar iCIO Awards 2017

Para pemenang iCIO Awards dan juri (ki-ka): Herry Abdul Azis (Staf Ahli Bidang Teknologi Kemenkominfo), Hasnul Suhaimi (Ex-CEO XL Axiata), Iwan Djuniardi (Direktur Transformasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan), Rita Mas’Oen (Direktur Operasional & Teknologi Informasi, PT Bank CIMB Niaga Tbk.), Kharim Indra Gupta Siregar (Direktur Teknologi Informasi, PT BTPN), Agus Wicaksono (Chairman, iCIO Community), dan Harry Surjanto (Founder dan Penasihat, iCIO Community).

Di era transformasi digital, posisi chief information officer (CIO) memiliki peran yang sentral dalam pengambilan keputusan dan menentukan arah kebijakan perusahaan. CIO adalah jabatan untuk kepala teknologi informasi dalam sebuah perusahaan dan berperan dalam menyediakan data dan insight dengan memanfaatkan teknologi untuk memberi sumbangsih kepada para pengembangan bisnis perusahaan.

iCIO Community, perkumpulan chief information officer (CIO) dan eksekutif senior di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) organisasi di Indonesia, mengumumkan pemenang iCIO Awards 2017. iCIO Awards merupakan program penghargaan kepada para CIO dan staf senior TI yang telah terbukti mampu menghadirkan value terbaik TIK untuk mendorong kinerja organisasi.

Gelar iCIO Awards 2017 berhasil disabet oleh Iwan Djuniardi (Direktur Transformasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan) sebagai The Most Innovative CIO, Rita Mas’Oen (Direktur Operasional & Teknologi Informasi, PT Bank CIMB Niaga Tbk) sebagai The Most Influential CIO, dan Kharim Indra Gupta Siregar (Direktur Teknologi Informasi, PT BTPN) sebagai The Most Intelligent CIO.

“iCIO Community dengan bangga memberikan anugerah iCIO Awards 2017 kepada ketiga CIO. Mereka dinilai dewan juri sebagai CIO yang berhasil memadukan knowledge, skills, dan leadership dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sehingga terbukti berhasil menghadirkan value terbaik TI untuk menunjang kinerja perusahaan,” ujar Agus Wicaksono (Chairman of iCIO Community).

Sebagai salah satu CIO terbaik tahun 2017 versi iCIO Community, Iwan Djuniardi mengatakan bahwa penghargaan ini akan memacu kinerja Dirjen Pajak (DJP) di masa depan. Solusi big data dan machine learning ia anggap akan mampu meningkatkan kinerja dan pelayanan DJP, termasuk berkontribusi meningkatkan pendapatan pajak negara.

“Saya tidak menyangka ada perwakilan pemerintah yang memenangi penghargaan ini dan bisa bersaing dengan instansi swasta. Ini adalah anugerah yang luar biasa,” ujarnya.

Sedangkan Rita Mas’Oen mengungkapkan rasa syukurnya telah terpilih sebagai pemenang penghargaan ini. Rita pun mengaku bahwa ia dan timnya telah melakukan berbagai perombakan dalam bidang TI di CIMB Niaga, terutama sejak merger di antara kedua bank itu (Bank CIMB asal Malaysia dan Bank Niaga asal Indonesia).

Proses Penjurian

Para pemenang iCIO Awards 2017 dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari: Hasnul Suhaimi (Executive Coach dan Mantan CEO XL Axiata); Hendra Godjali (Managing Partner-Advisory Service, Ernst & Young Indonesia), Prihadiyanto (Managing Director, Accenture Indonesia), Arif Budisusilo (Pemimpin Redaksi, Bisnis Indonesia), dan Richardus Eko Indrajit (Kepala Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer/APTIKOM).

Dalam proses penjurian, ketiga pemenang sudah melewati empat fase yaitu fase pertama screening application, fase kedua ranking, fase ketiga interview, dan fase terakhir adalah keputusan dewan juri.

Hasnul Suhaimi (Executive Coach dan Ketua Dewan Juri iCIO Awards 2017) mengumumkan pemenang iCIO Awards di panggung CTI IT Infrastructure Summit 2017.

Hasnul Suhaimi (Executive Coach dan Ketua Dewan Juri iCIO Awards 2017) mengatakan pertumbuhan teknologi sangat cepat berubah dan CIO memegang peran penting dalam perusahaan yang dulunya berada di back-end menjadi front-end.

“Posisi CIO berada di depan dan merekan harus membuat inovasi yang bisa berdampak kepada keuntungan perusahaan,” katanya dalam pengumuman pemenang iCIO Awards 2017 di tengah konferensi CTI IT Infrastructure Summit 2017 di Ballroom Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (8/3).

Tidak ketinggalan, Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika RI) ikut mengapresiasi ajang iCIO Awards 2017.

“Penghargaan ini merupakan bentuk dedikasi dan inovasi untuk bapak dan ibu (para pememang iCIO Awards 2017). Para pemenang juga bisa menjadi inspirasi dan IT leader untuk kemajuan perusahaan dan bangsa. Selamat!” ujarnya.